Analisis Marketing Pembiayaan Murabahah pada Produk KPR di Bank Muamalat Jember.

LYN FIZA, WAHYA (2020) Analisis Marketing Pembiayaan Murabahah pada Produk KPR di Bank Muamalat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WAHYA LYN FIZA_E20151071.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran adalah proses mengelola hubungan pelanggan yang menguntungkan. Dua sasaran pemasaran adalah menarik pelanggan baru dengan menjanjikan keunggulan nilai serta menjaga dan menubuhkan pelanggan yang ada dengan memberikan kepuasan. Bank sebagai lembaga keuangan yang menghasilkan jasa keuangan juga membutuhkan strategi pemasaran untuk memasarkan produknya. Dampak dari perubahan teknologi juga berdampak positif terhadap perkembangan dunia perbankan. Produk yang ditawarkan kepada nasabahnya menjadi lebih cepat dan efisien. Dana yang dihimpun oleh Bank sebagian besar disalurkan dalam bentuk pembiayaan, baik untuk usaha produktif maupun untuk keperluan konsumtif. Bank juga melakukan penempatan dana bekerjasama dengan mitra strategis dengan melakukan pembiayaan chanelling maupun executing melalui Lembaga Keuangan Mikro Kecil yaitu, BMT (Baitul Maal Wa-Tamwil), Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) dan perusahaan pembiayaan. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pembiayaan murabahah yang diterapkan pada produk KPR di Bank Muamalat Jember? 2) Bagaimana analisis marketing pembiayaan murabahah pada produk KPR di Bank Muamalat Jember? Tujuan penelitian ini dilakukan: 1) Untuk mengetahui pembiayaan murabahah yang diterapkan pada produk KPR di Bank Muamalat Jember. 2) Untuk mengetahui analisis marketing pembiayaan murabahah pada produk KPR di Bank Muamalat Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun analisis datanya melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian menunjukkan: 1) Aspek penilaian pemberian pembiayaan akad murabahah pada Bank Muamalat yaitu pendapatan nasabah yang masuk pada BI Checking, untuk menganalisa karateristik nasabah yang akan mengajukan pembiayaan pada Bank Muamalat. 2) Strategi pemasaran Bank Muamalat Jember, nasabah yang akan mencari rumah dan lokasinya, kemudian bank melakukan negoisasi dengan pihak developer bersama nasabah, yang menjadi sasaran Bank Muamalat disini adalah instansi pemerintahan, kantor perumahan, dan door to door ke kantor-kantor.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:07
Last Modified: 29 Sep 2022 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13473

Actions (login required)

View Item View Item