Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan di UMKM Batik Najiha di Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.

IZA, MA’RIFATUL (2019) Diversifikasi Produk Dalam Meningkatkan Volume Penjualan di UMKM Batik Najiha di Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MA’RIFATUL ‘IZA_E20152129.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

UMKM Batik Najiha, merupakan salah satu dari UMKM batik yang telah berdiri di kampung batik Tampo, Cluring, Banyuwangi. Dalam menjalankan aktivitasnya, setiap UMKM satu dengan UMKM yang lain tidak akan luput dari persaingan. Maka dari itu sangat dibutuhkan inovasi-inovasi terbaru guna mencegah meorosotnya karir pada UMKM tersebut, hal ini juga bertujuan guna meningkatkan volume penjualan pada UMKM Batik Najiha.Pemilihan strategi yang tepat harus diperhatikan karena merupakan penentu suatu keberhasilan usaha. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini, yaitu: 1) Bagaimana diversifikasi produk di UMKM Batik Najiha Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi?, 2) Bagaimana volume penjualan sebelum dan sesudah diversifikasi produk di UMKM Batik Najiha Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi?. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1) Untuk mengetahui diversifikasi produk di UMKM Batik Najiha Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi, 2) Untuk mengetahui volume penjualan sebelum dan sesudah diversifikasi produk di UMKM Batik Najiha Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan oleh peneliti adalah penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif dan jenis penelitian menggunakan descriptive research (penelitian deskriptif). Lokasi penelitian di Dusun Simbar II Rt 02/Rw 02 Desa Tampo Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, Kode Pos 68482. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Diversifikasi Produk di UMKM Batik Najiha: Jenis strategi diversifikasi produk yang diterapkan adalah jenis konsentrik, Usaha UMKM Batik Najiha dalam melaksanakan strategi ini yaitu dengan memperpanjang lini yang ada sehingga menjadi suatu perusahaan dengan lini produk yang lebih lengkap, faktor yang melatarbelakangi diterapkannya strategi ini adalah tingkat persaingan, kemampuan dan luas pemasaran, 2) Strategi diversifikasi produk yang dilakukan benar-benar membuahkan hasil yang memuaskan. Secara rata-rata, strategi diversifikasi produk yang dilakukan pada tahun 2015 sampai 2019 mengalami kemajuan dan mampu meningkatkan volume penjualan di UMKM Batik Najiha.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:07
Last Modified: 29 Sep 2022 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13474

Actions (login required)

View Item View Item