Analisis Strategi Pemasaran Diferensiasi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Arrum Haji Di Pegadaian Syariah Ahmad Yani Jember

NINGSIH, INDRAWATI (2019) Analisis Strategi Pemasaran Diferensiasi Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Produk Arrum Haji Di Pegadaian Syariah Ahmad Yani Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDRAWATI NINGSIH_E20151108.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Arrum Haji di Pegadaian Syariah merupakan layanan yang memberikan kemudahan pendaftaran dan pembiayaan haji dengan jaminan emas. Berbeda dengan lembaga keuangan lainnya yang juga menawarkan produk serupa, untuk mendapatkan nomor porsi haji harus menunggu tabungan mencapai 25 juta, sedangkan di Pegadaian Syariah nomor porsi haji didapatkan pada saat mendaftar. Oleh karena itu, dalam pembahasan ini membahas mengenai analisis strategi pemasaran diferensiasi dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Ahmad Yani Jember. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1)Bagaimana aplikasi strategi pemasaran diferensiasi dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Ahmad Yani Jember. 2) Bagaimana implikasi strategi pemasaran diferensiasi dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Ahmad Yani Jember Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui aplikasi strategi pemasaran diferensiasi dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Ahmad Yani Jember 2) untuk mengetahui implikasi strategi pemasaran diferensiasi dalam meningkatkan jumlah nasabah produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Ahmad Yani Jember Untuk mengidentifikasi permasalahan, penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang menggunakan jenis penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Aplikasi strategi diferenasiasi di Pegadaian Syariah Ahmad Yani Jember menggunakan strategi diferensiasi produk diantaranya bentuk dan fitur serta diferensiasi pelayanan yang diantaranya reabilitas, responsivitas, jaminan, empati dan bukti fisik dan strategi diferensiasi distribusi yaitu distribusi secara langsung dan tidak langsung 2) Implikasi antara strategi diferensiasi dari ketiga aspek yaitu diferensiasi produk, diferensiasi pelayanan dan diferensiasi distribusi memiliki hubungan yang kuat terhadap petumbuhan nasabah, yaitu dalam 3 tahun jumlah nasabah produk Arrum Haji mencapai 422 nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:09
Last Modified: 29 Sep 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13476

Actions (login required)

View Item View Item