Strategi Peningkatan Kualitas Produksi Kopi Dalam Rangka Optimalisasi Laba Petani Kopi di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember.

Mu’arif, Samsul (2019) Strategi Peningkatan Kualitas Produksi Kopi Dalam Rangka Optimalisasi Laba Petani Kopi di Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Samsul Mu’arif_E20152029.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Kopi merupakan salah satu hasil komoditi perkebunan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi diantara tanaman perkebunan lainnya dan berperan penting sebagai sumber devisa negara. Kopi juga membawa nama Indonesia, khususnya Jawa sebagai produsen kopi dengan cita rasa terbaik di dunia.Secangkir kopi diistilahkan sebagai a cup of java. Jember merupakan salah satu kota di Jawa Timur dengan potensi perkebunan kopi yang cukup baik, hal ini dapat dilihat dengan adanya (PUSLITKOKA). Dalam penelitian ini mengambil studi kasus di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember sebagai kecamatan dengan produktivitas kopi terbesar nomor 5 (lima) di Kabupaten jember.Yang membedakan antara Kecamatan Ledokombo dengan Kecamatan penghasil kopi yaitu Mereka mengolah kopi yang ditanam sendiri, bahkan petani kopi juga mendatangkan kopi dari daerah lain untuk diproses di Dusun Sumber Gadung. Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi fokus penelitian dalam penulisan ini adalah : 1) Bagaimana strategi peningkatan produksi kopi di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember?. 2) Bagaimana strategi peningkatan kualitas produksi kopi dalam rangka optimalisasi laba oleh petani di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui strategi peningkatan produksi kopi di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledok Ombo Kabupaten Jember. 2) untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai strategi peningkatan kualitas produksi kopi dalam rangka optimalisasi laba petani kopi di Dusun Sumber Gadung Desa Slateng Kecamatan Ledokombo Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif,. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan 1) dalam kegiatan peningkatan produksi para petani selain mengolah kopi hasil perkebunan sendiri para petani juga mendatangkan kopi glondongan dari luar Desa Slateng hingga luar Kabupaten Jember untuk di produksi di Dusun Sumber Gadung untuk memenuhi permintaan pasar. 2) strategi peningkatan kualitas produksi kopi dapat berdampak kepada optimalisasi laba petani Seiring berjalannya waktu perilaku pasar mulai berkembang dan berani membeli kualitas kopi yang baik dengan harga yang relatif tinggi, para petani dan juga blandang mulai meningkatkan kualitas produksi kopi dengan melakukan pengendalian kualitas melalui plan, do, check, act.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:40
Last Modified: 29 Sep 2022 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13477

Actions (login required)

View Item View Item