Analisis Sistem Informasi Akuntansi Serta Penyajian, Pengakuan, Pengukuran dan Pengungkapan Akuntansi Kredit Bermasalah pada PT. BPR Nur Semesta Indah Kencong

Sa’adillah, Abdi Mu’is (2019) Analisis Sistem Informasi Akuntansi Serta Penyajian, Pengakuan, Pengukuran dan Pengungkapan Akuntansi Kredit Bermasalah pada PT. BPR Nur Semesta Indah Kencong. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdi Mu’is Sa’adillah_E20153038.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

VBPR adalah lembaga keuangan yang menerima simpanan dana dalam bentuk deposito berjangka, tabungan dan bentuk lainnya yang sama dengan itu dan menyalurkan dana sebagai usaha BPR . NPL atau kredit bermasalah merupakan salah satu indikator kunci untuk menilai kinerja fungsi bank , salah satu fungsi bank yaitu menghimpun dan menyalurkan dana. Angka NPL adalah angka yang menunjukkan persentase kredit atau pembiayaan yang macet di bank tersebut. Suatu bank bisa dikatakan baik jika NPLnya berada di bawah 5%. Peneliti mengambil obyek penelitian di BPR NSI Kencong karena tertarik dengan persentase NPLmya yaitu berkisar 1% sampai 3%, sehingga peneliti tertarik untuk menelusuri lebih lanjut mengenai sistem informasi akuntansi serta penyajian, pengakuan, pengukuran dan pengungkapan akuntansi kredit bermasalah Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana Sistem Informasi Akuntansi pemberian kredit pada PT BPR NSI Kencong? (2) Bagaimana penyajian, pengakuan, pengukuran, dan pengungkapan akuntansi kredit bermasalah pada PT. BPR NSI Kencong? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan Sistem Informasi Akuntansi pemberian kredit pada PT. BPR NSI Kencong (2) Mendeskripsikan penyajian, pengakuan, pengukuran, dan pengungkapan akuntansi kredit bermasalah pada PT. BPR NSI Kencong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data ini menggunakan teknik triangulasi sumber. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan didukung dengan wawancara yang dilakukan untuk menggali informasi secara mendalam terkait permasalahan yang diteliti. Kemudian data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Akuntansi yang ada di PT. BPR Nur Semesta Indah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan. Sementara untuk penyajian, pengakuan, pengukuran dan pengungkapan akuntansi kredit bermasalah pada PT. BPR Nur Semesta Indah sudah sesuai dengan PSAK NO. 50, 55, dan 60.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:40
Last Modified: 29 Sep 2022 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13479

Actions (login required)

View Item View Item