Strategi Pemasangan Label Harga Buah Oleh Pedagang Kaki Lima Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam Di Kaliwates Jember.

KHUMAIROAH, SITI (2019) Strategi Pemasangan Label Harga Buah Oleh Pedagang Kaki Lima Dalam Tinjauan Etika Bisnis Islam Di Kaliwates Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITI KHUMAIROAH_E20152069.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa fenomena. Pertama, pedagang buah mematok harga murah untuk buah yang belum terlalu matang agar menarik konsumen, namun setelah di datangi harganya lebih mahal karena yang dijual yang matang. Kedua, pedagang buah menjual dagangannya terdapat perbedaan harga antara pembeli yang menggunakan sepeda motor dengan pembeli yang menggunakan mobil. Ketiga, para pedagang memberi label harga di buah yang segar dan bagus namun setelah di datangi harga yang tertera adalah untuk buah yang sudah tidak layak jual (kondisinya tidak bagus). Keempat, peneliti menemukan pedagang yang memberi label harga buah dengan harga normal namun setelah di beli ternyata harga yang tertera adalah untuk kemasan setengah kilogram (1/2 kg). Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi pemasangan label harga buah dapat meningkatkan penjualan pedagang kaki lima di Kaliwates Jember? 2) Bagaimana strategi pemasangan label harga buah oleh pedagang kaki lima dalam tinjauan etika bisnis Islam di Kaliwates Jember? Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui strategi pemasangan label harga buah dapat meningkatkan penjualan pedagang kaki lima di Kaliwates Jember 2) untuk mengetahui strategi pemasangan label harga buah dapat meningkatkan penjualan pedagang kaki lima ditinjau menurut etika bisnis Islam di Kaliwates Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, sedangkan dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Strategi yang digunakan oleh pedagang kaki lima di Kaliwates Jember adalah informatif, petunjuk harga, dan memberi rasa aman. Strategi pemasaran tersebut sangat efektif dalam menarik minat konsumen untuk membeli sehingga dapat meningkatkan penjualan buah pada pedagang buah kaki lima di Kaliwates Jember. 2) Tinjauan etika bisnis Islam atas cara berdagang pedagang kaki lima di Kaliwates Jember dari tujuh indikator etika bisnis Islam di dapatkan bahwa Pedagang buah di Kaliwates Jember belum menerapkan etika bisnis kejujuran, amanah, tidak gharar, melakukan al-ghab dan altadlis dan belum saling menguntungkan. Etika bisnis yang sudah diterapkan oleh pedagang buah di Kaliwates Jember adalah tepat menimbang dan tidak menimbun barang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:40
Last Modified: 29 Sep 2022 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13480

Actions (login required)

View Item View Item