Implikasi Program Desa Berbasis Syariah dalam Ketahanan Ekonomi Kerakyatan di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember.

Nisa, Imamatun (2019) Implikasi Program Desa Berbasis Syariah dalam Ketahanan Ekonomi Kerakyatan di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imamatun Nisa’_E20152108.pdf - Submitted Version

Download (12MB)

Abstract

Desa adalah wilayah dengan batas-batas tertentu sebagai kesatuan masyarakat hukum (adat) yang berhak mengatur dan mengurus urusan masyarakat setempat berdasarkan asal usulnya. Dalam penelitian ini pihak desa memiliki tiga program unggulan syariah dalam mengembangkan desa Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana potensi ekonomi kerakyatan di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana pengembangan ekonomi kerakyatan di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember?, 3) Bagaimana penerapan program desa berbasis syariah di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember?, serta 4) Bagaimana implikasi program desa berbasis syariah pada ketahanan ekonomi kerakyatan di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan potensi ekonomi kerakyatan di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember, 2) Mendeskripsikan pengembangan ekonomi kerakyatan di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember, 3) Mendeskripsikan penerapan program desa berbasis syariah di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember, serta 4) Mendeskripsikan implikasi program desa berbasis syariah pada ketahanan ekonomi kerakyatan di Desa Kemiri Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian yang didapatkan adalah 1) potensi ekonomi kerakyatan di Desa Kemiri terbagi menjadi potensi fisik dan potensi nonfisik. 2) Pengembangan potensi ekonomi kerakyatan menggunakan tiga model yakni formal dan informal, usaha bersama dan wirausahawan sosial. 3) Penerapan program desa berbasis syariah memiliki prinsip syirkah (kerjasama), keikutsertaan (partisipatif) dan transparansi. 4) Implikasi program desa berbasis syariah pada ketahanan ekonomi kerakyatan yaitu: implikai dari program gerakan gemar berjama’ah di masjid adalah meningkatnya ketahanan kekeluargaan dan gotong royong. Adapun untuk program yang kedua gerakan gemar infaq dan sedekah adalah meningkatnya ketahanan kekeluargaan dan ketahanan gotong royong serta ketahanan kemandirian dari segi masjid. Adapun program yang ketiga program gerakan peningkatan ekonomi rakyat memberikan penningkatan kepada ketahanan kemandirian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:40
Last Modified: 29 Sep 2022 03:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13482

Actions (login required)

View Item View Item