Pengaruh Harga, Lokasi/Tempat, dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pedagang Kaki Lima Kabupaten Jember.

Huda, Miftahul (2019) Pengaruh Harga, Lokasi/Tempat, dan Kesadaran Halal terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muslim Pedagang Kaki Lima Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Huda_E20152111.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Persaingan bisnis antar pelaku usaha saat ini semakin ketat, yaitu persaingan yang semakin cenderung pada perubahan teknologi. Pedagang kaki lima kabupaten Jember adalah pelaku usaha yang perlu menginovasi startegi pemasaran untuk meningkatkan omset penjualannya dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen Muslim yang notabene telah memiliki kesadaran halal. Adapun faktor yang diteliti dalam penelitian ini antara lain harga, lokasi/tempat dan kesadaran halal konsumen muslim pedagang kaki lima kabupaten Jember. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain ; yang pertama, apakah ada pengaruh positif antara variabel harga dengan keputusan pembelian konsumen Muslim pedagang kaki lima kabupaten Jember?; yang kedua, apakah ada pengaruh positif antara variabel lokasi/tempat dengan keputusan pembelian konsumen Muslim pedagang kaki lima kabupaten Jember? dan yang ketiga, apakah ada pengaruh positif antara variabel kesadaran halal dengan keputusan pembelian konsumen Muslim pedagang kaki lima kabupaten Jember?. Dengan demikian, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga, lokasi/tempat dan kesadaran halal terhadap keputusan pembelian konsumen Muslim pedagang kaki lima kabupaten Jember; yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah atau yang datang ke pedagang kaki lima kabupaten Jember. Sampel pada penelitian ini sebanyak 70 responden, yang diambil dengan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan accidental sampling (pengambilan sampel berdasarkan kebetulan). Metode analisis yang digunakan meliputi : uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji f, serta analisis koefisien determinasi (R2). Dalam penelitian ini diperoleh persamaan regresi sebagai berikut : Y= 1,061 X1+ 0,060 X2 - 0,115 X3 + e Variabel harga memiliki pengaruh paling besar dalam keputusan pembelian konsumen Muslim yaitu dengan nilai sebesar 1,061. Kemudian diikuti oleh variabel kesadaran halal dengan nilai sebesar 0,115. Sedangkan variabel lokasi/tempat memiliki pengaruh paling rendah dibandingkan dengan variabel yang lain sebesar 0,060. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukan bahwa variabel harga (X1) dan variabel kesadaran halal (X3) memiliki pengaruh positif terhadap keputusan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 29 Sep 2022 08:14
Last Modified: 29 Sep 2022 08:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13488

Actions (login required)

View Item View Item