INTERNALISASI NILAI-NILAI KITAB AL-TIBYAN FI ADABI HAMALATIL QURAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI PENGHAFAL QURAN DI PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN SUKOWONO JEMBER

Anshorullah, Abdil Gufron (2022) INTERNALISASI NILAI-NILAI KITAB AL-TIBYAN FI ADABI HAMALATIL QURAN DALAM MEMBENTUK AKHLAK SANTRI PENGHAFAL QURAN DI PONDOK PESANTREN NURUL QARNAIN SUKOWONO JEMBER. Masters thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Abdil Gufron Anshorullah_203206030001.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Abdil Gufron Anshorullah, 2022, Internalisasi Nilai-nilai-Nilai-nilai Kitab Al-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran Untuk Membentuk Akhlak Santri Penghafal Quran di Madrasatul Quran Pondok Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana UIN KH Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Abdul Muis, M.Si. Pembimbing II: Dr. H. Zainuddin Al-Haj, Lc. M.Pd.I
Kata Kunci: Internalisasi nilai-nilai, Kitab Al-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran, akhlak santri penghafal Quran.
Akhlak merupakan inti pokok pendidkan Islam agar bisa diaplikasikan di kehidupan sehari-hari. Baik kepada sesama manusia dan yang paling penting adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang dinilai-nilai sukses untuk membina dan mendidik santrinya agar memiliki akhlak yang mulia. Madrasatul Quran Nurul Qarnain adalah salah satu lembaga pendidikan nonformal yang fokus mendalami Al-Quran dari segi hafalan, pemahaman dan pengamalannya.
Fokus dan tujuan penelitian pada tesis ini adalah Bagaimana internalisasi nilai-nilai ikhlas dalam kitab Al-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran dalam membentuk akhlak santri penghafal Quran di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember, Bagaimana internalisasi nilai-nilai sabar dalam kitab Al-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran dalam membentuk akhlak santri penghafal Quran di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember, Bagaimana internalisasi nilai-nilai bersungguh-sungguh dalam kitab Al-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran dalam membentuk akhlak santri penghafal Quran di Pondok Pesantren Nurul Qarnain Sukowono Jember. Sedangkan, Metode penelitian pada tesisi ini menggunakan pendekatan kualitatif dan lebih spesifik lagi menggunakan jenis penelitian studi kasus.
Hasil Penelitian dari tesis ini adalah terdapat tiga kesimpulan. Pertama, bahwa internalisasi nilai ikhlas dalam kitab Al-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran di PP. Nurul Qarnain Sukowono ini sudah dilaksanakan dengan sangat baik melalui pembelajaran kitab ini. Yakni dengan upaya memotivasi santri agar selalu ikhlas dalam menghafal Quran, sehingga santri yang belajar kitab tersebut mampu menghayati nilai-nilai ikhlas dalam kehidupan sehari-hari. Kedua, internalisasi nilai sabar dalam kitab Al-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran kepada santri penghafal Quran Menanamkan nilai sabar kepada santri-santri penghafal Quran yakni menanamkan rasa sabar saat menghafal dan mengulang hafalan Al-Quran. Ketiga, Cara internalisasi nilai bersungguh-sungguh yang digunakan oleh ustadz pengajar kitab Al-Tibyan Fi Adabi Hamalatil Quran ini dengan memotivasi beradasarkan nilai di dalam kitab dan memberikan contoh riil dari cerita ulama salaf yang selalu bersungguh-sungguh dalam belajar dan menghafal Al-Quran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Abdil Gufron Anshorullah
Date Deposited: 12 Oct 2022 00:47
Last Modified: 12 Oct 2022 00:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13491

Actions (login required)

View Item View Item