Analisis Bentuk Pemberian Reward Sebagai Retensi Karyawan di UMKM Sumbersari Batik Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso.

HATI, SOLI (2019) Analisis Bentuk Pemberian Reward Sebagai Retensi Karyawan di UMKM Sumbersari Batik Kecamatan Maesan Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SOLIHATI_083144188.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Bondowoso termasuk wilayah Propinsi Jawa Timur yang memiliki kain batik yang tidak kalah uniknya dengan batik yang ada di daerah lain. Meski memiliki sejarah membatik, namun hampir tak ada catatan terkait pola design dan motif dari batik asli Bondowoso apalagi pada masa lalu, aktivitas membatik di Bondowoso hanya dilakukan oleh perorangan belum dalam bentuk industri seperti saat ini. Pada zaman modern sekarang ini banyak perusahaan besar bersaing untuk meningkatkan kualitas produksi yang dihasilkan di perusahaannya. Dengan demikian, perusahaan-perusahaan melakukan banyak cara untuk meningkatkan kinerja kerja dan semangat para karyawannya. Tidak kalah dengan Sumbersari Batik Bondowoso yang juga melakukan beberapa strategi untuk menjaga karyawannya agar tetap loyalitas dalam bekerja. Produsen Sumbersari Batik Bondowoso menerapkan reward sebagai retensi dan motivasi kepada karyawannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan reward yang dilakukan oleh perusahaan sebagai retensi karyawan di UMKM Sumbersari Batik Bondowoso? (2) Bagaimana upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan retensi karyawan di UMKM Sumbersari Batik Bondowoso? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui penerapan reward yang dilakukan oleh perusahaan sebagai retensi kepada karyawan di UMKM Sumbersari Batik Bondowoso. (2) Untuk mengetahui upaya yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan retensi karyawan di UMKM Sumbersari Batik Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive, metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, dan metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) Macam-macam reward yang diterapkan di Sumbersari Batik Bondowoso ada tiga, diantaranya yang pertama bonus berupa uang tunai atau tambahan gaji. Kedua, makan bersama bagi seluruh karyawan Sumbersari Batik jika banyak pesanan batik. Ketiga, liburan bagi karyawan berprestasi dan berkelakuan baik atau tidak pernah melanggar peraturan selama bekerja di Batik. (2) Upaya yang dilakukan Sumbersari Batik dalam meningkatkan retensi karyawan selain dengan pemberian reward, pimpinan Batik melakukan beberapa upaya diantaranya meyakinkan karyawan tentang prospek masa depan Sumbersari Batik; menjaga keamanan dan kenyamanan karyawan dalam bekerja seperti menyediakan fasilitas kerja yang nyaman serta memberi tambahan ilmu dan wawasan kepada karyawan; mengirim beberapa karyawan untuk mengikuti pelatihan membatik untuk menambah kreativitas karyawan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 10 Oct 2022 22:51
Last Modified: 10 Oct 2022 22:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13494

Actions (login required)

View Item View Item