Pola Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jember Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Muslim Untuk Berzakat Di Kabupaten Jember

Cintia Miranda, Putri (2022) Pola Komunikasi Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Jember Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Muslim Untuk Berzakat Di Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Uin Khas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
CINTIA MIRANDA PUTRI_D20181070.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK

Cintia Miranda Putri, 2022: Pola Komunikasi BAZNAS Kabupaten Jember Dalam Membangun Kepercayaan Masyarakat Muslim Untuk Berzakat Di Kabupaten Jember.

Kata Kunci : Pola Komunikasi, BAZNAS, Zakat

BAZNAS adalah salau satu Badan Amil Zakat Nasional yang mengatur pengelolaan zakat secara nasional. BAZNAS terikat UU Nomor 23 Tahun 2011 memuat aturan tentang pengelolaan zakat yang terorganisasi dengan baik, transparan dan profesional, serta dilakukan oleh amil zakat resmi yang dibentuk atau ditunjuk oleh pemerintah. Undang-undang juga mengatur jenis harta yang dikenai zakat, bentuk kelembagaan BAZNAS, sanksi bagi amil yang tidak mencatat pengelolaannya dengan benar, dan zakat sebagai pengurang penghasilan terkena pajak. Namun, kehadiran BAZNAS secara nasional, tidak serta merta membuat masyarakat semakin yakin akan pengelolaan zakat yang diamanahkan ke lembaga tersebut. Bahkan tidak sedikit, masyarakat lebih memilih pendistribusian zakat langsung kepada mustahik.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pola komunikasi BAZNAS Kabupaten Jember dalam membangun kepercayaan masyarakat muslim untuk berzakat di Kabupaten Jember? 2) faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pola komunikasi BAZNAS Kabupaten Jember dalam membangun kepercayaan masyarakat muslim untuk berzakat di Kabupaten Jember ?
Tujuan dari peneliti ini yaitu 1) untuk mengetahui pola komunikasi BAZNAS Kabupaten Jember dalam membangun kepercayaan masyarakat muslim untuk berzakat di Kabupaten Jember 2) untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pola komunikasi BAZNAS Kabupaten Jember dalam membangun kepercayaan masyarakat muslim untuk berzakat di Kabupaten Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian kualitatif ini menggunakan pendekatan lapangan atau field reseacrh. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti menggunakan analisis data dari Miles and Haberman serta menguji keabsahan data dengan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini diperoleh dengan kesimpulan, yaitu 1) pola komunikasi yang digunakan BAZNAS Kabupaten Jember dalam membangun kepercayaan masyarakat muslim di Kabupaten Jember adalah pola komunikasi sekunder, linear dan sirkular. 2) Efektivitas komunikasi BAZNAS Kabupaten Jember setelah berkomunikasi dengan masyarakat memunculkan efek Kognitif berupa pengetahuan informatif dan efek Behavioral berupa tindakan atau perilaku. 3) Faktor yang menghambat BAZNAS Kabupaten Jember dalam membangun kepercayaan masyarakat muslim untuk berzakat di Kabupaten Jember. Terdapat tiga faktor yang menghambat yaitu perubahan kebijakan pemerintah, kurangnya pemahaman masyarakat tentang zakat dan adanya kesalah pahaman masyarakat terhadap BAZNAS Kabupaten Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200103 International and Development Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Cintia Miranda
Date Deposited: 12 Oct 2022 00:54
Last Modified: 12 Oct 2022 00:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13502

Actions (login required)

View Item View Item