Pengenalan Literasi Media Oleh Orang Tua Kepada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Tiktok di Kecamatan Bangil Pasuruan

Raisa Nurul Qorirah, Nurul Qorirah Raisa (2022) Pengenalan Literasi Media Oleh Orang Tua Kepada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Tiktok di Kecamatan Bangil Pasuruan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
RAISA NURUL QORIRAH_D20181088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Literasi Media, Aplikasi TikTok, Anak Usia sekolah dasar dan Orang Tua
Pengenalan Literasi Media merupakan kemampuan untuk mengakses, meneliti, mengevaluasi dan menciptakan media di dalam berbagai macam wujud.literasi media merujuk pada kemampuan khalayak yang melek terhadap media dan pesan media massa. Hal ini melihat anak usia sekolah dasar yang hampir setiap hari menggunakan aplikasi TikTok di Balaidesa Masangan, peran orang tua sangat penting dalam memperkenalkan literasi media bagi anak.
Fokus penelitian pada skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Literasi Media Anak Usia Sekolah Dasar menggunakan aplikasi TikTok ? 2) Apa Pengenalan Literasi Media Oleh Orang Tua Kepada Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Menggunakan Aplikasi Tiktok Sudah Diberikan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan pemikiran Miles dan Huberman dan saldan dengan langkah-langkah: 1)Pengumpulan Data 2) Reduksi Data 3)Penyajian data 4)Menarik Kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah 1) Literasi media anak usia sekolah dasar Berdasarkan 4 literasi media dalam menggunakan aplikasi TikTok tersebut yaitu literasi Teknologi, Literasi Informasi, kreativitas media, tanggung jawab dan kompetensi sosial. Dari 10 anak usia sekolah dasar dalam menggunakan aplikasi TikTok di Balaidesa Masanangn kurang faham dalam memahami literasi media tersebut, anak-anak masih belum mampu untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi dan mengkomunikasikan konten video TikTok dengan baik. Sebab mereka menggunakan gadget terutama menggunakan aplikasi TikTok secara bebas di belakang Balaidesa Masangan karena di temapt tersebut disediakan Wifi bagi mereka. 2) Pengenalan literasi media oleh orang tua kepada anak dalam menggunakan aplikasi TikTok sudah diberikan, dari 8 elemen literasi media hanya ada 2 elemen yang diterapkan kepada anak. yaitu sebuah kesadaran akan dampak media pada individu dan masyarakat, Dan kemampuan untuk menikmati, memahami, dan menghargai isi media. Dan juga ada 4 cara membangun anak berkomunikasi dan kemampuan media sosial TikTok hanya ada 2 yang di terapkan kepada anaknya yaitu : melakukan pendampingan kepada anak ketika menonton media sosial, memberikan batas waktu bagi anak anak sehari maksimal menggunakan gadget 2-3 jam sehari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200103 International and Development Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Depositing User: Nurul Qori Raisa Raisa Nurul Qorirah
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:49
Last Modified: 12 Oct 2022 01:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13509

Actions (login required)

View Item View Item