Juhariya, Juhariya (2022) Hubungan antara motivasi dengan tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi di Prodi Psikologi Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Juhariya_D20185005.pdf Download (2MB) |
Abstract
Skripsi merupakan karya ilmiah yang wajib dikerjakan oleh mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat untuk menyelesaikan masa studinya. Ada permasalahan yang muncul dan menghambat penyelesaian skripsi pada mahasiswa Psikologi Islam UIN KHAS Jember. Hambatan yang dialami oleh mahasiswa yaitu kesulitan dalam mendapatkan referensi, sulit mendapatkan lokasi penelitian, cemas ketika bertemu dengan dosen pembimbing dan merasa kurang semangat untuk menyelesaikan skripsi yang menyebabkan menurunnya motivasi mereka, sehingga ia merasakan penuh dengan beban dan tuntutan membuat mereka kesulitan dan merasakan stres. Sehingga peneliti disini tertarik untuk meneliti antara hubungan motivasi dengan tingkat stres mahasiswa Psikologi Islam UIN KHAS Jember.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi dengan tingkat stres mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi pada Program Studi Psikologi Islam UIN KHAS Jember. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, dengan desain deskriptif korelasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sensus. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 54 orang. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner dan pengelolahan datanya mengunakan software SPSS for Windows. Hasil penelitian 29 mahasiswa memiliki motivasi rendah dengan persentase 53,7%. 35 mahasiswa memiliki tingkat stres sedang dengan persentase 64,8%. Hasil uji Pearson Correlatian memiliki hubungan yang sangat signifikan antara hubungan motivasi dengan tingkat stres mahasiswa, yaitu r hitung > r tabel (0,670 > 0,266) maka dapat disimpulkan bahwa ada hubungan korelasi antara variabel motivasi dengan tingkat stres bersifat positif dan memiliki hubungan yang kuat.
Kata kunci :Motivasi, Stres, Mahasiswa
Actions (login required)
View Item |