Implementasi Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Negeri Patrang Jember

Munawwaroh, Wasi`Atun (2022) Implementasi Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Negeri Patrang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH.Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WASI'ATUN MUNAWWAROH_D20185045-1.pdf

Download (27MB)

Abstract

ABSTRAK
Wasi`Atun Munawwaroh, 2022. Implementasi Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Negeri Patrang Jembe .
Kata Kunci: Metode Multisensori , Tunagrahita
Implementasi Metode Multisensori diterapkan berdasarkan permasalahan selama proses pembelajaran yang terjadi di SLB Negeri Patrang Jember khususnya kelompok C tingkat SDLB. Selama proses pembelajaran siswa tunagrahita tidak focus dalam belajar dan sulit untuk memperhatikan guru ketika menjelaskan materi, maka dari itu prinsip pembelajaran yang melibatkan berbagai modalitas panca indra diharapkan mampu mempermudah siswa tuna grahita dalam proses belajar, karena belajar dengan melibatkan beberapa panca indra akan memperoleh kesenangan sehingga siswa tuna grahita akan tertarik untuk belajar termasuk dalam mengenal huruf vokal. Indera yang sering digunakan ialah kinestetik, visual, auditori dan taktil
Fokus Penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana Proses Implementasi Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Negeri Patrang Jember ? 2) Bagaimana Kendala Dan Faktor Pendukung Implementasi Metode Multisensori Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Negeri Patrang Jember ? 3) Bagaimana Hasil Implementasi Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Siswa Tunagrahita Di SLB Negeri Patrang Jember ?
Tujuan penelitian ini yaitu, 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Multisensori dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada siswa tuna grahita di SLB Negeri Patrang Jember , 2) Untuk mendeskripsikan kendala dan faktor pendukung dalam penerapan Metode Multisensori dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada siswa tuna grahita di SLB Negeri Patrang Jember , 3) Untuk mengetahui hasil Implementasi Metode Multisensori Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Pada Siswa Tunagrahita di SLB Negeri Patrang Jember .
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini bertempat di SLB Negeri Patrang Jember dengan lima subjek siswa tuna grahita ringan tingkat kelas 1 SDLB. Analisis data dalam skripsi ini menggunakan Data Collection, Data Reduction, Display Data, Conclusion & Verification. Validitas Data penelitian ini menggunakan Trianggulasi teknik dan sumber.
Hasil yang dicapai dari terlaksananya Implementasi Metode Multisensori yaitu, adanya peningkatan pada siswa seperti, siswa mampu menghitung sendiri, menggambar sendiri, memisahkan warna dengan benar, membentuk huruf vokal dengan plastisin dan menyusun puzzel, Siswa aktif dan fokus selama mengikuti proses pembelajaran sampai akhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170110 Psychological Methodology, Design and Analysis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Nyonya Wasi'Atun Munawwaroh
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:31
Last Modified: 12 Oct 2022 01:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13512

Actions (login required)

View Item View Item