Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbentuk Booklet Materi Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra Aksara Kelas VII SMPN 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022

Aizi, Zahro (2022) Pengembangan Bahan Ajar Ips Berbentuk Booklet Materi Masyarakat Indonesia Pada Masa Pra Aksara Kelas VII SMPN 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AIZI ZAHRO 1.pdf

Download (11MB)

Abstract

Keberadaan bahan ajar dalam proses pembelajaran mempengaruhi kualitas pembelajaran untuk mencapai optimal. Kekurangan yang terjadi saat penerapan bahan ajar oleh guru yaitu cenderung hanya menggunakan bahan ajar yang disediakan oleh pemerintah yaitu buku paket, sehingga siswa merasa bosan karena tidak ada kreatifitas dan inovasi-inovasi dari penggunaan bahan ajar, khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Salah satu bentuk bahan ajar yang sesuai dengan situasi dan kondisi siswa adalah bahan ajar booklet yang berguna untuk meningkatkan prestasi, semangat,kerjasama, kreativitas dalam belajar.

Fokus masalah pada penelitian ini yaitu 1) bagaimana langkah-langkah pengembangan bahan ajar IPS berbentuk booklet materi Masyarakat Indonesia pada Masa Pra Aksara Kelas VII SMPN 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Bagaimana efektivitas bahan ajar IPS berbentuk booklet materi Masyarakat Indonesia pada Masa Pra Aksara Kelas VII SMPN 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022. Tujuan pada penelitian ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan bahan ajar IPS berbentuk booklet materi Masyarakat Indonesia pada Masa Pra Aksara Kelas VII SMPN 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Untuk menguji efektivitas bahan ajar IPS berbentuk booklet materi Masyarakat Indonesia pada Masa Pra Aksara Kelas VII SMPN 2 Jenggawah Tahun Pelajaran 2021/2022.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah research and development. Model pengembangan yang menjadi acuan dalam penelitian adalah model Borg dan Gall, yang terdiri dari 10 langkah, tetapi peneliti hanya menggunakan 8 langkah yaitu: 1. Potensi dan masalah 2. Pengumpulan data 3. Desain produk 4. Validasi desain 5. Revisi desain 6. Uji coba produk 7. Revisi produk 8. Uji coba pemakaian. Instrumen pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, test dan angket.

Hasil penelitian ini berupa: 1) terwujudnya bahan ajar IPS berbentuk booklet materi Masyarakat Indonesia pada Masa Pra Aksara. Pengembangan bahan ajar dilakukan melalui delapan tahap yaitu: 1. Potensi dan masalah 2. Pengumpulan data 3. Desain produk 4. Validasi desain 5. Revisi desain 6. Uji coba produk 7. Revisi produk 8. Uji coba pemakaian. 2) hasil validasi menunjukkan kevalidan booklet pada aspek bahasa sebesar 94%, kevalidan booklet pada aspek design sebesat 78%, kevalidan booklet pada aspek materi 83,5%, hasil angket respon skala kecil sebesar 88%, hasil angket respon skala besar sebesar 95%, hasil efektivitas produk skala kecil 93% dan skala besar 97,5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mrs Aizi Zahro
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:42
Last Modified: 13 Oct 2022 08:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13533

Actions (login required)

View Item View Item