Penerapan Strategi Joyfull Learning dengan Menggunakan Media Flash Card pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI darul Huda Mojokerto Tahun Pelajaran 2021/2022.

Prada, Putri Nilamsari (2022) Penerapan Strategi Joyfull Learning dengan Menggunakan Media Flash Card pada Pembelajaran Tematik Kelas V di MI darul Huda Mojokerto Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
PRADA PUTRI NILAMSARI_T20184001.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan pembelajaran di MI Darul Huda Mojokerto menerapkan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card, dikarenakan berdasarkan pengalaman yang sudah dilakukan oleh guru melalui penerapan metode ceramah dalam proses pembelajaran siswa mudah bosan sehingga menyebabkan suasana kelas menjadi kurang kondusif, Maka dari itu, penggunaan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, efektif dan menyenangkan.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penerapan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card pada pembelajaran Tematik kelas V di MI Darul Huda Mojokerto?; 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card pada pembelajaran Tematik kelas V di MI Darul Huda Mojokerto?; 3) Bagaimana evaluasi penerapan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card pada pembelajaran Tematik kelas V di MI Darul Huda Mojokerto?.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penerapan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card pada pembelajaran Tematik kelas V di MI Darul Huda Mojokerto; 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card pada pembelajaran Tematik kelas V di MI Darul Huda Mojokerto; 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penerapan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card pada pembelajaran Tematik kelas V di MI Darul Huda Mojokerto.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis studi kasus. Penentuan subjek menggunkan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model dari Milles Hubberman dan Saldana. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan penerapan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card pada pembelajaran Tematik kelas V di MI Darul Huda Mojokerto meliputi tahapan yaitu, menyiapkan materi RPP, strategi dan media pembelajaran. 2) Pelaksanaan penerapan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card pada pembelajaran Tematik kelas V di MI Darul Huda Mojokerto meliputi tiga tahapan yaitu, tahap pendahuluan, inti dan penutup. 3) Evaluasi penerapan strategi Joyfull Learning dengan menggunakan media Flash Card pada pembelajaran Tematik kelas V di MI Darul Huda Mojokerto meliputi alokasi waktu yang telah ditentukan tidak mencukupi, peserta didik kurang memahami bacaan pada soal, dan peserta didik masih sulit dikondisikan.

Kata Kunci: Strategi Joyfull Learning, Media Flash Card, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1905 Visual Arts and Crafts > 190599 Visual Arts and Crafts not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Prada Putri Nilamsari
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:27
Last Modified: 12 Oct 2022 03:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13545

Actions (login required)

View Item View Item