Penguatan Aqidah Santri Melalui Kajian Kitab Mafahim yajibu an tushohhah di Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki Bondowoso

Maulana, Torik (2020) Penguatan Aqidah Santri Melalui Kajian Kitab Mafahim yajibu an tushohhah di Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki Bondowoso. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Torik Maulana_T20151095.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Aqidah merupakan bagian dari kehidupan umat Islam dalam rangka mengaktualisasikan ajaran Islam, mendalami ilmu agama Islam, dan mengamalkannya sebagai pedoman hidup sehari-hari, atau disebut tafaqquh fi al-din dengan menekankan pentingnya moral dalam hidup bermasyarakat. Salah satu aspek ajaran Islam yang paling mendasar adalah aqidah, semua peraturan-peraturan dan hukum-hukum yang dijalankan oleh manusia harus tercermin terhadap aqidah Islam. Karena ia merupakan penentu dalam kehidupan manusia di dunia ini. Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki mempunyai andil yang besar dan patut dihargai dengan mengemban dua amanat pembangunan pada bidang agama, utamanya membina dan mendidik umat serta menegakkan cita-cita agama Islam yang murni dengan maksud dan tujuan agar umat Islam menjadi umat yang mampu berbuat baik demi tercapainya cita-cita agama dan bangsa. Terutama terhadap munculnya faham radikalisme dan ekstrimisme. Fokus penelitian ini adalah bagaimana penguatan aqidah santri dan kontribusi kajian kitab mafahim yajibu an tushohhah di Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki Bondowoso?. Sedangkan tujuan penelitian adalah Untuk mendeskripsikan penguatan aqidah santri dan kontribusi kajian kitab mafahim yajibu an tushohhah di Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Adapun hasil dari penelitian Penguatan Aqidah Santri Melalui Kitab Mafahim Yajibu An Tushohhah di Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki Bondowoso ini yaitu: Pertama, penguatan aqidah santri dilaksanakan melalui Pembelajaran Kitab Mafahim Yajibu An Tushohhah di Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki Bondowoso dengan dilaksanakan sebanyak 3 kali dalam seminggu untuk ghurfah arabiah di kediaman kiai, untuk santri secara keseluruhan dilaksanakan pada malam Jum’at dan hari jum’at, sedangkan untuk masayarakat umum dilaksanakan pada hari Ahad dengan tujuan untuk membekali dan membentengi santri serta masyarakat dengan ilmu-ilmu aqidah dari faham-faham yang menyimpang. Kedua, Kontribusi Kajian Kitab Mafahim Yajibu An Tushohhah dalam Penguatan Aqidah Santri di Pondok Pesantren Sayyid Muhammad Alwi Al-Maliki Bondowoso yaitu: 1) santri lebih berhati-hati dari mengucapkan kalimat takfir; 2) santri mengetahui dan menyadari bahwa keputusan takfir berada pada kebijakan pemerintah, bukan perorangan; 3) santri memahami tentang aqidah yang telah diyakini, tidak sekedar taklid serta mampu menjadi benteng aqidah ahlussunnah wal jamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:33
Last Modified: 11 Oct 2022 08:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13562

Actions (login required)

View Item View Item