Penggunaan Alat Permainan Edukatif Flash Card Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun DI TK DEWI MASYITHOH 01 CAKRU KENCONG TAHUN AJARAN 2021/2022

Yulia Novita Sari, Vita (2022) Penggunaan Alat Permainan Edukatif Flash Card Dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Pada Kelompok B Usia 5-6 Tahun DI TK DEWI MASYITHOH 01 CAKRU KENCONG TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
vita pakek water-1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
vita pakek water-1.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan adanya kreatifitas guru dalam menggunakan media pembelajaran akan berdampak positif bagi peserta didik. Seperti halnya penggunaan media di TK Dewi Masyithoh 01 Cakru. Perkembangan bahasa merupakan pengembangan yang sangat penting untuk anak usia dini, maka dari itu penggunaan media sangat membantu agar anak lebih cepat berbahasa dan mengenal huruf. Dengan berkembangnya bahasa pada anak akan memudahkan anak berkomunikasi dan mengutarakan apa yang ia inginkan dan ia rasakan kepada orang lain terlebih kepada teman sebaya.
Fokus penelitian ini(1) bagaimana penggunaan alat permainan edukatif flashcard dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini kelompok B usia 5-6 Tahun di TK Dewi Masyithoh 01 Cakru tahun ajaran 2021/2022. (2) bagaimana pelaksanaan alat permainan edukatif flashcard dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini kelompok B usia 5-6 tahun di TK Dewi Masyithoh 01 cakru tahun ajaran 2021/2022. (3) bagaimana evaluasi penggunaan alat permainan edukatif flashcard dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini kelompok B usia 5-6 Tahun di TK Dewi Masyithoh 01 Cakru.
Tujuan penelitian ini(1) Mendeskripsikan penggunaan Alat Permainan Edukatif flashcard dalam memahami bahasa anak usia dini pada kelompok B usia 5-6 tahun di TK dewi masyithoh 01 cakru tahun ajaran 2021/2022. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan alat permainan edukatif flashcard dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini pada kelompok B usia 5-6 tahun di TK Dewi Masyithoh 01 cakru tahun ajaran 2021/2022. (3) Mendeskripsikan evaluasi penggunaan alat permainan edukatif flashcard dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia dini pada kelompok B di TK Dewi Masyithoh 01 cakru tahun ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dan jenis penelitiannya yaitu menggunakan penelitian lapangan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan tringulasi yaitu tringulasi sumber dan teknik.
Hasil Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa media flashcard bermanfaat untuk mengembangkan bahasa anak. Dari media anak bisa menambah kosa kata, motoric halus, koordinasi tangan dan mata, dan melatih daya ingat anak. penggunaan alat permainan edukatif flashcard untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak usia 5-6 tahun di kelompok B di TK Dewi Masyithoh 01 sangat efektif dan efisen. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan dari peserta didik pada awal penggunaan alat peraga dan setelah ada perubahan dalam pembuatan alat peraga eduktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Yulia Novita Sari
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:10
Last Modified: 20 Oct 2022 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13571

Actions (login required)

View Item View Item