Pembelajaran Membaca Al-Quran Menggunakan Menggunakan Metode Bil Qolam di Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Darul Furqon Tanggul Jember Tahun 2022

Siti Nindia, Dewi Latifa (2022) Pembelajaran Membaca Al-Quran Menggunakan Menggunakan Metode Bil Qolam di Taman Pendidikan Qur'an (TPQ) Darul Furqon Tanggul Jember Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI NINDIA DEWI LATIFA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Siti Nindia Dewi Latifa, 2022: Pembelajaran Membaca Al-Quran Menggunakan Metode Bil Qolam di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Darul Furqon Tanggul Jember Tahun 2022.

Kata Kunci : Pembelajaran, Membaca Al-Quran, Metode Bil Qolam .

Al-Quran merupakan sumber utama ajaran agama Islam dan pedoman bagi setiap muslim. Selain sebagai petunjuk untuk manusia, tetapi Al-Quran juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya, serta manusia dengan alam sekitarnya. Al-Quran adalah firman Allah SWT yang menjadi petunjuk bagi umat manusia. Umat Islam percaya bahwa Al-Quran merupakan puncak dan penutup wahyu Allah yang diperuntukkan bagi manusia dan bagian dari rukun iman yang disampaikan kepada nabi Muhammad SAW melalui beberapa perantara. Membaca Al-Quran harus memperhatikan aturan-aturan yang dimiliki antara lain: ilmu tajwid, ilmu gharib, makharijul huruf, serta mampu memahami dan mengucapkan bacaan panjang ataupun pendek. Jadi, dalam proses pembelajaran membaca Al-Quran, aturan-aturan tersebut harus dipelajari dan difahami dengan sebenar-benarnya karena bila aturan-aturan tersebut tidak difahami secara benar, maka bacaan Al-Quran juga menjadi salah.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Quran menggunakan metode bil qolam di TPQ Darul Furqon Tanggul Jember Tahun 2022?. 2). Bagaimana Evaluasi pembelajaran membaca Al-Quran menggunakan metode bil qolam di TPQ Darul Furqon Tanggul Jember Tahun 2022?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Quran mengguakan metode bil qolam di TPQ Darul Furqon Tanggul Jember Tahun 2022. 2) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran membaca Al-Quran menggunakan metode bil qolam di TPQ Darul Furqon Tanggul Jember Tahun 2022.
Untuk mencapi tujuan di atas maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptis. Penentuan subjek penelitiannya menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Kondensasi data (Data condensation), Penyajian data (Data display), Kesimpulan / Verifikasi (conclusion dratgwing and verification). Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Peneliti ini memperoleh kesimpulan: 1) Pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Quran terdiri dari 3 tahap yakni: a. kegiatan awal yang berisi persiapan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran. b. kegiatan inti yang dilakukan dengan pembelajaran Al-Quran menggunakan metode bil-qolam dengan cara yang interaktif, sistematisdan sistemik. c. kegiatan penutup yang dilakukan di akhir pembelajaran dalam bentuk rangkuman dan simpulan. 2) Evaluasi pembelajaran membaca Al-Quran dalam menggunakan metode bil-qolam dilakukan dengan tes lisan yakni dengan cara pengulangan untuk kelancaran dan ketuntasan santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mahasiswa Siti Nindia Dewi Latifa
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:23
Last Modified: 12 Oct 2022 07:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13572

Actions (login required)

View Item View Item