Impelemntasi pendekatan andragogi guna meningkatkan motivasi belajar Al-Qur'an pada Jamaah Masjid Al-Fuqoro' Ilallah Desa Kebondalem Kabupaten Banyuwangi

Zuhairotul Fitria, Ifatuz (2022) Impelemntasi pendekatan andragogi guna meningkatkan motivasi belajar Al-Qur'an pada Jamaah Masjid Al-Fuqoro' Ilallah Desa Kebondalem Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KHAS Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
IFATUZ ZUHAIROTUL FITRIA _NIM T20181270.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Pendekatan Andragogi;Motivasi Belajar

Pembelajaran Al-Qur’an untuk jamaah masjid sangat diperlukan, karena untuk meningkatkan kualitas diri untuk menjadi seorang muslim yang sejati. Dalam pembelajaran tersebut terdiri dari ibu-ibu jamaah, yang tentunya mereka juga orang dewasa. Yang mana belajar bagi orang dewasa berkaitan dengan bagaimana mengarahkan diri sendiri untuk bertanya dan mencari jawabannya sendiri. Orang dewasa yang memiliki banyak pengalaman dan pengetahuan, orang dewasa yang cenderung susah berkonsentrasi, sensitif, tidak percaya diri dan selalu ingin dihargai merupakan tantangan bagi seorang pendidik dalam mengelola kegiatan pembelajaran supaya dapat melaksanakan pengajaran dengan baik. Untuk itu proses kegiatan pembelajarannya menggunakan pendekatan andragogi. Dalam pembelajaran Al-Qur’an ini hanya sebelas orang ibu-ibu yang memiliki latar belakang dan kemampuan berbeda-beda seperti halnya belum mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dari segi makhroj, ataupun ilmu tajwidnya, dengan adanya hal seperti itu akan menghambat kelancaran mereka untuk membaca Al-Qur’an dengan baik. Untuk itu mereka berasumsi untuk membentuk sebuah kelompok belajar Al-Qur’an yang di dampingi dengan Ustadzah.

Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi pendekatan andragogi guna meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada Jamaah di Masjid Al-Fuqoro’ Ilallah Desa Kebondalem Kabupaten Banyuwangi, 2) Bagaimana dampak implementasi pendekatan andragogi guna meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada Jamaah di Masjid Al-Fuqoro’ Ilallah Desa Kebondalem Kabupaten Banyuwangi.

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan andragogi guna meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada Jamaah di Masjid Al-Fuqoro’ Ilallah Desa Kebondalem Kabupaten Banyuwangi, 2) Untuk mendeskripsikan dampak implementasi pendekatan andragogi guna meningkatkan motivasi belajar Al-Qur’an pada Jamaah di Masjid Al-Fuqoro’ Ilallah Desa Kebondalem Kabupaten Banyuwangi.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis Field Research, untuk teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk melihat keabsahan data, menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa 1) Pada proses kegiatan belajar Al-Qur’an pada Jamaah masjid, ustadzah menerapkan pendekatan yang tidak menekankan peserta didik kepada suatu pembelajaran yang ketat. Hal tersebut dapat dikatakan bahwa pembelajaran menggunakan pendekatan andragogi yang mana dengan memberikan kebebasan kepada Jamaah dalam proses belajar, ustadzah tidak memberikan tekanan (peraturan) kepada Jamaah yang terlalu ketat. Jamaah juga berhak memilih kegiatan pembelajaran yang diinginkan. 2) Dari penerapan pendekatan andragogi dalam pembelajaran Al-Qur’an pada Jamaah terdapat dua dampak yakni dampak positif; menumbuhkan situasi pembelajaran yang menyenangkan, mengembangkan kemampuan/ potensi jamaah, dan Menumbuhkan motivasi belajar pada jamaah. Untuk dampak negatif; keterbatasan waktu pembelajaran, sulit meninggalkan kebiasaan dan cenderung mengulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms ifatuz zuhairotul fitria
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:32
Last Modified: 12 Oct 2022 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13574

Actions (login required)

View Item View Item