Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di MA AL-MISRI Curahmalang Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Trifianti, Bela Septian (2019) Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA di MA AL-MISRI Curahmalang Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Bela Septian Trifianti_T20158031.pdf - Submitted Version

Download (35MB)

Abstract

Pengaruh Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa KelasGaya belajar merupakan suatu cara tentang bagaimana seorang individu melakukan persepsi, berinteraksi, dan merespons secara emosional terhadap lingkungan belajar. Gaya belajar meliputi gaya belajar visual, auditorial dan kinestetik. Metode pengajaran guru bisa mempengaruhi cara gaya belajar siswa. karena setiap siswa memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Oleh karena itu guru harus lebih aktif dalam mengajar, sehingga siswa bisa belajar sesuai dengan gaya belajar yang mereka miliki, sehingga bisa berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini 1) Untuk mendeskripsikan gaya belajar siswa kelas XI IPA di MA AL-MISRI Curahmalang Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI IPA di MA AL-MISRI Curahmalang Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar siswa kelas XI IPA terhadap hasil belajar biologi di MA AL-MISRI Curahmalang Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional non eksperimental. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA yang berjumlah 49 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik sampling Nonproability Sampling. Metode pengumpulan data menggunakan, wawancara, angket dan dokumentasi. Variabel bebas yaitu gaya belajar, hasil belajar biologi sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Siswa memiliki gaya belajar auditorial dengan presentase 48,9%, sedangkan gaya belajar visual sebesar 24,48%, sedangkan gaya belajar kinestetik dengan presentase 26,53%. 2) Hasil belajar siswa kelas XI IPA 1 dan 2 pada mata pelajaran biologi Madrasah Aliyah Al-MISRI tergolong tinggi dengan rentang nilai 65 – 84 dengan jumlah frekuensi 39 siswa dari 49 responden. 3) Pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA di MA AL-MISRI Curahmalang Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, t hitung=-0,477 dan t tabel=2,011 t hitung lebih kecil dari nilai t tabel dan nilai probabilitas (signifikansi) lebih besar dari 0,05 maka H0 diterima dan Ha ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa gaya belajar tidak memiliki pengaruh yang signifikan atau pengaruh yang nyata terhadap hasil belajar siswa.XI IPA di MA AL-MISRI Curahmalang Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:34
Last Modified: 12 Oct 2022 01:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13575

Actions (login required)

View Item View Item