Metode Pembelajaran Motorik Halus pada Anak Kelompok A di Raudlatul Athfal (RA) Bustanul Ulum Curahlele Balung Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019.

ruroh, Mas (2019) Metode Pembelajaran Motorik Halus pada Anak Kelompok A di Raudlatul Athfal (RA) Bustanul Ulum Curahlele Balung Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Masruroh_T201511117.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan motorik halus sangat penting untuk anak usia dini, salah satu cara yang dapat mengembangkan motorik halus anak adalah dengan menggunakan metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara optimal, meskipun tidak semua metode dapat digunakan dalam pembelajaran motorik halus. Metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran motorik halus di RA Bustanul Ulum adalah: metode demonstrasi dan metode pemberian tugas. Fokus penelitian, Apa saja metode yang digunakan dalam pembelajaran motorik halus anak kelompok A di RA Bustanul Ulum Curahlele, Balung, Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Bagaimana Interaksi guru dan anak dalam pembelajaran motorik halus pada kelompok A di RA Bustanul Ulum Curahlele, Balung, Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Bagaimana tingkat pencapaian perkembangan motorik halus anak kelompok A di RA Bustanul Ulum Curahlele, Balung, Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif, jenis penelitian studi kasus. Adapun kasus yang ada adalah metode pembelajaran motorik halus pada anak Kelompok A di RA Bustanul Ulum Curahlele Balung Jember. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumen. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) Metode-metode yang digunakan dalam pembelajaran motorik halus di Kelompok A di RA Bustanul Ulum Curahlele, Balung, Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019 adalah metode demonstrasi, metode pemberian tugas, dan metode gabungan (metode demonstrasi dan metode pemberian tugas). Semua metode itu dapat mengembangkan motorik halus anak Kelompok A RA Bustanul Ulum Curahlele. (2) Interaksi guru dengan anak dalam pembelajaran motorik halus di Kelompok A di RA Bustanul Ulum Curahlele, Balung, Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019 adalah terbuka, demokratis, serta partisipasi dan antusias anak aktif dalam meningkatkan pembelajaran motorik halus. (3) Tingkat pencapaian perkembangan motorik halus anak RA di Kelompok A di RA Bustanul Ulum Curahlele, Balung, Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019 adalah Berkembang Sesuai Harapan (BSH) yang ditunjukkan dengan hasil karya anak Kelompok A mendapat predikat BSH sebanyak 59%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 01:34
Last Modified: 12 Oct 2022 01:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13578

Actions (login required)

View Item View Item