Pemanfatan Media pada Pembelajaran Tematik Kelas VI B di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 6 Jember Tahun Ajaran 2018/2019

Hidayatulloh, Abd Wahab (2019) Pemanfatan Media pada Pembelajaran Tematik Kelas VI B di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 6 Jember Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Abd Wahab Hidayatulloh_T20154037.pdf - Submitted Version

Download (14MB)

Abstract

Pembelajaran tematik yang dilaksanakan di sekolah tingkat dasar khususnya di Madrasah Ibtidaiyah memiliki beberapa permasalahan. Berdasarkan hasil observasi peneliti permasalahan tersebut berkaitan dengan metode dan strategi pembelajaran. Seperti pada penggunaan metode yang membosankan yakni metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan penugasan yang masih diterapkan di kelas. Mengenai masalah tersebut ada salah satu guru baru di kelas IV B MIN 6 Jember yang mempunyai inisiatif untuk mengubah pembelajaran yang membosankan menjadi pembelajaran yang menyenangkan dengan cara memanfatkan media pembelajaran. Fokus penelitian skripsi ini meliputi: (1) Bagaimana perencanaan pemanfaatan media pada pembelajaran tematik kelas IVB di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2018/2019?, (2) Bagaimana pelaksanaan pemanfaatan media pada pembelajaran tematik kelas IVB di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2018/2019?, (3) Bagaimana evaluasI pemanfaatan media pada pembelajaran tematik kelas IVB di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 6 Jember tahun pelajaran 2018/2019? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) subjek penelitian yang dipilih dengan cara purposive adapun teknik penggumpulan datanya menggunakan tiga teknik yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. sedangkan analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles and Hubermen yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil yang didapat dari penelitian ini: 1) Perencanan pemanfaatan media pada pembelajaran tematik yakni guru membuat sebuah RPP dan mencantumkan sebuah media di dalam RPP tepatnya di bagian sumber dan data, dalam pemilihan media tersebut guru memperhatikan kondisi siswa agar media tersebut nantinya berjalan dengan baik dan membuat pembelajaran tidak membosankan). 2) Pelaksanaan pemanfaaatan media pada pembelajaran tematik yakni pada kegiatan pendahuluan, guru mengajak siswa bernyanyi dengan mendengarkan melalui media sound system, siswa menirukan nyanyian melalui layar proyektor dan memperlihatkan tampilan gambar tokoh-tokoh inspiratif yang diperlihatkan di layar proyektor. Pada kegiatan inti, guru memanfaatkan sebuah media proyektor untuk menjelaskan sebuah materi kepada siswa. Kemudian pada kegiatan penutup guru mengulang kembali pembelajaran mulai awal sampai akhir dengan menjelaskan ulang dengan memanfaatkan media yang digunakan pada saat kegiatan inti. 3) Evaluasi pemanfaaatan media pada pembelajaran tematik yakni pada pembelajaran, guru menggunakan dua teknik penilaian yaitu penilaian tes dan non tes. Sedangkan pada evaluasi awal guru kelas IV B memberikan pre tes kepada siswa dengan memperlihatkan materi yang akan dipelajari melalui media proyektor dan menanyakan kepada siswa. Pada saat evaluasi proses, guru melakukannya ketika pembelajaran berlangsung dengan memanfaatkan sebuah media botol yang digunakan untuk alat musik perkusi. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok dan menirukan apa yang sudah di jelaskan sebelumnuya oleh guru,dan pada evaluasi akhir guru tidak memanfaatkan media.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:40
Last Modified: 12 Oct 2022 02:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13583

Actions (login required)

View Item View Item