Penggunaan Metode Penugasan Berbasis Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Fadilah, Hanik (2019) Penggunaan Metode Penugasan Berbasis Saintifik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Hanik Fadilah_T20151235.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Metode penugasan adalah suatu cara yang digunakan oleh seorang guru dalam memberikan tugas kepada peserta didik yang di mana tugas tersebut bisa dikerjakan di mana pun baik di sekolah atau di rumah, secara individu maupun kelompok. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan penggunaan metode penugasan berbasis saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan penggunaan metode penugasan berbasis saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi penggunaan metode penugasan berbasis saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penggunaan metode penugasan berbasis saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penggunaan metode penugasan berbasis saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penggunaan metode penugasan berbasis saintifik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Penentuan subjek penelitian menggunakan Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menurut Miles and Huberman yang mencakup 3 tahapan, yakni kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini adalah 1) perencanaan pembelajaran dibuat sekali sebelum awal semester berlangsung berupa perangkat pembelajaran, yaitu RPE, PROTA, PROMES, Silabus, dan RPP, 2) pelaksanaan pembelajaran PAI di kelas XI SMA Negeri Ambulu Jember kurang sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan dalam perencanaan pembelajaran. Ada beberapa perubahan terkait metode, media, dan sumber belajar yang digunakan. Hal ini disesuaikan dengan kondisi atau karaktersistik peserta didik di dalam kelas. Pelaksanaan penggunaan metode penugasan meliputi 5 langkah pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengeksplorasi, mengasosiasi, dan mengkomunikasikan yang telah dilaksanakan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013, 3) evaluasi yang dilakukan oleh guru PAI kelas XI SMA Negeri Ambulu hanya pada dua aspek saja, yakni aspek kognitif dan aspek psikomotorik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:39
Last Modified: 12 Oct 2022 02:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13584

Actions (login required)

View Item View Item