SOLEHA, SITI KHOIRIYATUS (2019) Pemanfaatan Sumber Belajar Pada Pembelajaran Tematik Kelas II Di MIN 1 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
SITI KHOIRIYATUS SOLEHA_084 144 070.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
Abstract
Sumber belajar merupakan sumber pembelajaran yang sangat dibutuhkan siswa dalam proses belajar baik berupa orang, bahan, lingkungan dan pesan agar siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang sudah ditentukan. Fokus penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar berupa lingkungan pada pembelajaran tematik kelas II di MIN 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar berupa bahan pada pembelajaran tematik kelas II di MIN 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019.3) Mendeskripsikan pemanfaatan sumber belajar berupa orang pada pembelajaran tematik kelas II di MIN 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: 1) Pemanfaatan sumber belajar berupa lingkungan pada pembelajaran tematik kelas II di MIN 1 Jember dilakukan pada tema tumbuhan di sekitarku yaitu guru mengajak peserta didik keluar kelas dan menunjukkan tanaman dan menjelaskan bagian-bagian tanaman tersebut beserta fungsinya. langkah-langkah yang penggunaan sumber belajar lingkungan adalah sebagai berikut: a) Menyesuaikan tema apa yang digunakan dalam menggunakan sumber belajar lingkungan, b) mensurve lingkungan, c) Mengatur pelaksanaannya dan tindak lanjut dari penggunakaan sumber belajar lingkungan. 2) Pemanfaatan sumber belajar berupa bahan pada pembelajaran tematik kelas II di MIN 1 Jember dilakukan pada tema hidup sehat dan bersih serta air, bumi dan matahari. Guru menggunakan barang-barang bekas yang ada di sekitar untuk dijadikan sebagai kerajinan tangan dan juga menggunakan alat ukur seperti penggaris, meteran yang dapat menunjang proses pembelajaran. Langkah-langkah dalam menggunakan sumber belajar bahan adalah sebagai berikut; a) Menyampaikan kepada peserta didik bahwa besok untuk membawa barang yang sudah tidak terpakai seperti koran, kardus dan lain sebagainya, b) Memberikan contoh harus membuat kerajianan atau karya seperti apa kepada peserta didik. 3) Pemanfaatan sumber belajar berupa orang pada pembelajaran tematik kelas II di MIN 1 Jember dilakukan pada tema hidup sehat dan bersih adalah mendatangkan narasumber dari luar yaitu pihak polsek Arjasa dan dokter dari puskesmas Arjasa. Selain itu, Kepala Madrasah dan peserta didik juga bisa menjadi sumber belajar. Langkahlangkah dalam menggunakan sumber belajar orang adalah sebagai berikut: a) Guru memberitahu kepada kelpala sekolah bahwa mebutuhkan narasumber dari luar, b) Kepala sekolah mendatangkan narasumber dari luar yang dibutuhkan, c) Guru mengatur dan menyiapkan sekolah atau kelas sedemikian rupa, d) Setelah narasumber datang diperkenalkan dan memberitahu materi yang akan disampaikan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 02:39 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 02:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13585 |
Actions (login required)
View Item |