Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Kegiatan Jam’iyyah Hadrah Al-Banjari Muhibbul Musthofa IAIN Jember

WAHYUNI, IFA KHUSNIATUL (2019) Nilai-nilai Pendidikan Islam pada Kegiatan Jam’iyyah Hadrah Al-Banjari Muhibbul Musthofa IAIN Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
IFA KHUSNIATUL WAHYUNI_T20151053.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan Islam sangat berpengaruh terhadap perkembangan peserta didik baik dari segi aqidah, ibadah, akhlak maupun sosial. Melihat realita yang ada saat ini bahwa kesenian hadrah sudah sangat booming dan tidak lagi dipandang sebelah mata oleh sebagian orang. Sebenarnya kegiatan yang ada di dalam kesenian hadrah ini juga mengandung beberapa nilai pendidikan Islam jika diteliti lebih mendalam. Maka dari itu peneliti melakukan penelitian terhadap kegiatan Jam’iyyah Hadrah Al-Banjari Muhibbul Musthofa IAIN Jember ini terkait apa saja kegiatan apa saja dan bagaimana nilai-nilai pendidikan Islam pada kegiatan Jam’iyyah Hadrah Al- Banjari Muhibbul Musthofa IAIN Jember. Fokus penelitian: 1) Apa saja nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan “Jam’iyyah Hadrah Al-Banjari Muhibbul Musthofa” IAIN Jember? 2) Bagaimana proses tumbuhnya nilai-nilai pendidikan Islam pada kegiatan “Jam’iyyah Hadrah Al-Banjari Muhibbul Musthofa” IAIN Jember? Tujuan penelitian ini: 1) Untuk meyebutkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam kegiatan Jam’iyyah Hadrah Al- Banjari Muhibbul Musthofa IAIN Jember. 2) Untuk mendiskripsikan proses tumbuhnya nilai-nilai pendidikan Islam pada kegiatan Jam’iyyah Hadrah Al- Banjari Muhibbul Musthofa IAIN Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field reasech, dan menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Wawancara 2) Observasi, dan 3) Dokumenasi. Keabsahan data pada penelitian ini ada dua macam: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman. Hasil penelitian yaitu: 1) Nilai i’tiqodiyyah (akidah) pada lantunan sya’ir shalawat dan rutinan rattibul haddad. Nilai khuluqiyyah (akhlak) pada setiap kegiatannya, terutama pada kegiatan anjangsana. Nilai amaliyyah (Ibadah) pada kegiatan pelaksanaan sholat tasbih. 2) Dalam pelaksanaank egiatan yang ada di Jam’iyyah Hadrah Al-Banjari Muhibbul Musthafa IAIN Jember ini terdapat nilainilai pendidikan Islam, diantaranya: (a) Nilai i’tiqodiyah, terealisasikan dengan peningkatan keimanan melalui lantunan sya’ir dalam shalawat, dzikir dan pembacaan rattibul haddad, (b) Nilai khuluqiyah, terealisaikan dengan sikap kepedulian, tanggung jawab, kekeluargaan dan sosial kemasyarakatan yang ada pada setiap kegiatan di Jam’iyyah Hadrah Al-Banjari Muhibbul Musthafa IAIN Jember. (c) Nilai amaliyah, terealisasikan dengan bentuk pelaksanaan sholat tasbih, istighosah dan pembacaan rattibul haddad yang bermaksud untuk memohon perlindungan dan keselamatan kepada Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:38
Last Modified: 12 Oct 2022 02:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13586

Actions (login required)

View Item View Item