Pengembangan Buku Saku Berbasis Project Based Learning (PjBL) Materi Suhu dan Kalor

Rohmah, Indi Ghozirur (2020) Pengembangan Buku Saku Berbasis Project Based Learning (PjBL) Materi Suhu dan Kalor. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Indi Ghozirur Rohmah_T201510015.pdf - Submitted Version

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan berupa buku saku berbasis proyek. Pengembangan produk ini didasarkan pada kebutuhan bahan ajar yang digunakan dalam pembelajaran, sehingga dapat mencapai pembelajaran bermakna (meaningful learning) dan pembelajaran tuntas (mastery learning) sesuai dengan kurikulum 2013. Pengembangan buku saku untuk pengembangan pembelajaran IPA Terpadu di SMP/MTs akan berdampak baik terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini memiliki rumusan masalah Bagaimana tingkat validitas terhadap buku saku berbasis proyek materi Suhu dan Kalor Kelas VII SMP/MTs?, Bagaimana respon peserta didik mengenai buku saku berbasis proyek pada materi Suhu dan Kalor Kelas VII SMP/MTs? Tujuan dari penelitian ini adalah menjelaskan tingkat validitas buku saku berbasis proyek pada materi Suhu dan Kalor Kelas VII SMP/MTs. Menjelaskan respon pendidik dan peserta didik terhadap buku saku berbasis proyek pada materi Suhu dan Kalor Kelas VII SMP/MTs. Penelitian ini menggunakan penelitian desain dan pengembangan atau Design and Development Research (DDR), dengan model pengembangan PPE (Planning, Production, and Evaluation) yang dikemumakan oleh Richey and Klein. Tahap pengembangan pada penelitian ini terdapat 3 tahapan penelitian: 1. Perencanaan, 2. Produksi, 3. Evaluasi. Proses pengembangan diawali dengan perancangan buku saku, kemudian divalidasi kepada ahli materi, ahli media, dan pengguna (pendidik) hingga kemudian diuji coba lapangan/uji coba respon peserta didik mengenai buku saku yang telah dikembangkan. Hasil penelitian terhadap pengembangan buku saku mendapatkan nilai dari validator ahli materi sebesar 94,85 % dengan tingkat vailiditas sangat valid, kemudian mendapatkan nilai dari validator ahli media sebesar 96,67% dengan tingkat validitas sangat valid. Berdasarkan uji lapangan nilai yang didapatkan adalah 92,87% dengan tingkat validitas sangat valid. Berdasarkan penilaian tersebut bahwa buku saku yang dikembangkan sebagai bahan ajar mendapatkan tingkat validitas sangat valid, sehingga dapat dikatakan bahwa buku dengan judul “Pembelajaran Berbasis Proyek Suhu dan Kalor” untuk SMP/MTs Kelas VII layak digunakan dan diterapkan dalam pembelajaran IPA Terpadu di SMP/MTs.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 02:49
Last Modified: 12 Oct 2022 02:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13591

Actions (login required)

View Item View Item