Bermain Konstruktif dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di Pendidikan Anak Usia Dini (PUAD) Al Falah Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Novela, Rosa Bermain Konstruktif dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus di Pendidikan Anak Usia Dini (PUAD) Al Falah Sempusari Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Rosa Novela_T20155014.pdf - Submitted Version

Download (15MB)

Abstract

Motorik halus merupakan gerakan otot-otot kecil pada bagian tubuh manusia seperti jemari tangan, lengan tangan serta gerakan yang membutuhkan koordinasi mata dan tangan, sedangkan bermain merupakan suatu aktivitas yang langsung dan spontan, dimana seorang anak berinteraksi dengan orang lain, benda-benda di sekitarnya, dilakukan dengan gembira dan atas dasar inisiatif diri sendiri, menggunakan daya khayal(imajinatif), panca indera dan seluruh tubuhnya. Bermain juga dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak, salah satunya dengan bermain konstrukif. Bermain konstruktif merupakan kegiatan bermain yang menggunakan objek atau bahan tertentu untuk membentuk sesuatu. Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana bermain konstruktif lego dalam meningkatkan kemampuan motorik halus di PAUD Al Falah Sempusari Kaliwates Jember Tahun pelajaran 2019/2020?. 2) Bagaimana bermain konstruktif puzzle dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak di PAUD Al Falah Sempusari Kaliwates Jember Tahun pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bermain konstruktif lego dalam meningkatkan kemampuan motorik halus di PAUD Al Falah Sempusari Kaliwates Jember Tahun pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan bermain konstruktif puzzle dalam meningkatkan kemampuan motorik halus di PAUD Al Falah Sempusari Kaliwates Jember Tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan rangkaian kata-kata dan kalimat dengan jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan (filed research). Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman dengan langkah-langkah secara kondensasi data, menyajikan data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Bermain konstruktif lego dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan cara guru membagi anak menjadi dua kelompok dan setiap anak merangakai secara mandiri lego yang telah disiapkan guru. Anak dapat kreatif menyusun lego, dapat menggunakan otot jemarinya dan dapat mengkoordinasikan mata serta kedua tanggannya dengan selaras.2) Bermain konstruktif puzzle dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak dengan cara guru membagi anak menjadi berpasangan. Anak dapat menggunakan dan merangkai puzzle dengan tepat, menggerakkan otot jamarinya ketika mengambil dan menempel, menggunakan keterampilan kedua tangan, serta konsentrasi anak dalam menyatukan potongan-potongan puzzle.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:08
Last Modified: 12 Oct 2022 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13592

Actions (login required)

View Item View Item