Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al Quran dengan Metode Tsaqifa pada lanjut usia di Musholla Al Irsyad Langsepan Jenggawah Tahun 2019.

Hasanah, Ifadhatul (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Membaca Al Quran dengan Metode Tsaqifa pada lanjut usia di Musholla Al Irsyad Langsepan Jenggawah Tahun 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Ifadhatul Hasanah_T20151177.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Hasil survei berdasarkan fakta yang ada sungguh ironis, 54% Muslim Indonesia tidak bisa membaca Al Quran. Meski umat Islam masih mayoritas di Indonesia, kondisinya memprihatinkan, terutama dalam hal kemampuan membaca Al Quran. Hasil survei tahun 2017, dari sekitar 225 juta Muslim, sebanyak 54% di antaranya termasuk kategori buta huruf Al Quran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yakni dengan menerapkan pembelajaran membaca Al Quran dengan metode Tsaqifa pada lanjut usia. Metode tsaqifa merupakan pembelajaran membaca Al Quran, yang dirancang untuk mengajarkan Al Quran bagi orang dewasa. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam penelitian ini diantaranya adalah, (1) Apa materi pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tsaqifa pada lanjut usia di musholla Al Irsyad dusun Langsepan Jenggawah Tahun 2019? (2) Bagaimana media pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tsaqifa pada lanjut usia di musholla Al Irsyad dusun Langsepan Jenggawah Tahun 2019? (3) Bagaimana metode pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tsaqifa pada lanjut usia di musholla Al Irsyad dusun Langsepan Jenggawah Tahun 2019? (4) Bagaimana evaluasi pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tsaqifa pada lanjut usia di musholla Al Irsyad dusun Langsepan Jenggawah Tahun 2019? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tetang : Materi, media, metode, evaluasi pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tsaqifa pada lanjut usia di musholla Al Irsyad Dusun Langsepan Jenggawah Tahun 2019. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research. Lokasi yang dipilih adalah musholla Al Irsyad Dusun Langsepan Jenggawah. Penelitian ini menggunakan teknik penentuan subjek penelitian dengan kriteria tertentu (purposive). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif model Miles dan Huberman. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah (1) Materi pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tsaqifa ada XI bab yang dipelajari. (2) Media pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tsaqifa menggunakan buku metode tsaqifa, Al Quran dan papan tulis. (3) Metode pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tsaqifa menggunakan klasikal dan individual (4) Evaluasi pembelajaran membaca Al Quran dengan metode tsaqifa menggunakan evaluasi setiap pertemuan dan evaluasi perbab dengan menggunkan tes lisan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:21
Last Modified: 12 Oct 2022 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13593

Actions (login required)

View Item View Item