Hubungan Manajemen Kesiswaan dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember

Habibatul Masruroh, Ayu Putri (2019) Hubungan Manajemen Kesiswaan dengan Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Ayu Putri Habibatul Masruroh_T20153062.pdf - Submitted Version

Download (9MB)

Abstract

Keberhasilan dalam penyelenggaraan lembaga pendidikan akan sangat bergantung pada manajemen sekolah sebagaimana komponen-komponen pendukung pelaksanaan kegiatan seperti kurikulum, peserta didik, pembiayaan, tenaga pelaksana dan sarana prasarana. Komponen peserta didik keberadaannya sangat dibutuhkan, terlebih bahwa pelaksanaan kegiatan pendidikan disekolah peserta didik merupakan subjek sekaligus objek dalam proses tranformasi ilmu pengetahuan dan keterampilan-keterampilan yang diperlukan. Dalam manajemen kesiswaan meliputi beberapa kegiatan yaitu: Perencanaan terhadap siswa, Pembinaan siswa, Evaluasi siswa, dan Mutasi siswa. Oleh karena itu peserta didik tidak hanya sekedar memenuhi kebutuhan saja, akan tetapi harus merupakan bagian dari kualitas dari lembaga pendidikan. Artinya bahwa dibutuhkan manajemen peserta didik yang bermutu bagi lembaga pendidikan, sehingga peserta didik dapat tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional dan kejiwaan peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini berdasarkan latar belakang yang diuraikan sebelumnya meliputi: 1. Adakah hubungan Penerimaan siswa baru dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 2. Adakah hubungan Pembinaan siswa dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan Manajemen Kesiswaan dengan Prestasi Belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember pada kegiatan penerimaan siswa dan kegiatan pembinaan siswa. Untuk menjawab tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan untuk menjawab rumusan masalah atau menguji hipotesis. Teknik analisis data yang digunakan melalui korelasi product moment. Adapun rumus yang digunakan adalah sebagai berikut: = Σ (Σ )(Σ ) √* Σ (Σ ) + { Σ (Σ ) } Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1. Terdapat hubungan yang cukup antara penerimaan siswa dengan Prestasi Belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember, dan 2. Terdapat hubungan yang cukup antara pembinaan siswa dengan prestasi belajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 03:21
Last Modified: 12 Oct 2022 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13594

Actions (login required)

View Item View Item