PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PANCASILA AMBULU JEMBER

Nurisyevi Eka Marinda, Nuris (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA PANCASILA AMBULU JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Nurisyevi Eka Marinda_T20181436.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nurisyevi Eka Marinda, 2022: Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pancasila Ambulu Jember.

Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Pendidikan Agama Islam.
Seorang pendidik dituntut untuk kreatif dan juga bisa menciptakan suasana yang baru pada proses pembelajaran. Salah satu yang dapat membantu pendidik dalam melakukan proses pembelajaran tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran. Dalam hal ini model pembelajaran yang mampu mengembangkan keterampilan peserta didik yakni pembelajaran problem based learning.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Pancasila Ambulu Jember?, 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pancasila Ambulu Jember?, 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pancasila Ambulu Jember.
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMA Pancasila Ambulu Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pancasila Ambulu Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Pancasila Ambulu Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan (field research) menggunakan teknik pengumpulan data: 1) Observasi 2) Wawancara, dan 3) Dokumentasi. Pengujian keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dua jenis triangulasi yaitu: 1) Triangulasi sumber, dan 2) Triangulasi teknik. Dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif Milles dan Huberman yaitu 1) Kondensasi data, 2) Penyajian data. dan 3) Penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa ( 1)Perencanaan pembelajaran dengan penerapan model problem based learning pada mata pelajaran PAI di SMA Pancasila Ambulu Jember sebagai berikut: a) Menyusun silabus, b) Membuat RPP, c) Menyesuaikan dengan materi, d) Merencanakan problematika nyata kepada peserta didik. (2) Pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan model problem based learning pada mata pelajaran PAI di SMA Pancasila Ambulu Jember terdiri dari beberapa kegiatan yaitu: a) kegiatan pendahuluan, pendidik mengadakan suasana belajar yang kondusif dimana peserta didik diwajibkan mengumpulkan hanphone di depan terlebih dahulu. Kemudian melakukan kegiatan pendahuluan seperti orientasi, apersepsi, dan motivasi kepada peserta didik,b) kegiatan inti, pendidik memberikan masalah yang nyata dengan strategi interaktif. Kemudian difasilitasi dengan sumber belajar, media , dan fasilitas penunjang lainnya agar peserta didik dapat lebih memahami pelajaran yang disampaikan oleh pendidik. Dalam penerapan ini perlu menyesuaikan dengan tema yang akan dibahas jika cocok, maka diterapkan model pembelajaran PBL, c) pendidik menyelenggarakan pengulasan materi untuk meningkatkan pemahaman dan hasil belajar peserta didik. (3) evaluasi pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran problem based learning pada mata pelajaran PAI di SMA Pancasila Ambulu Jember yaitu dilakukan post test berupa menunjuk peserta didik untuk menyimpulkan materi yang sudah disampaikan, Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Perpustakaan Uinkhasjember
Date Deposited: 13 Oct 2022 08:03
Last Modified: 13 Oct 2022 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13595

Actions (login required)

View Item View Item