Ina Safitri, Siti Nuru (2019) Pembelajaran Fikih Berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MTs Al-Azhar Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Siti Nuru Ina Safitri_T20151105.pdf - Submitted Version Download (22MB) |
Abstract
Seiring perkembangan zaman, pendidikan semakin kompleks. Guna menghasilkan output yang kompeten, baru ini telah ditetapkan Kurikulum Pendidikan 2013 revisi tahun 2017, KBM yang berlangsung diharuskan menerapkan HOTS. Penting bagi guru menjalankan perannya yang begitu kompleks. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran fikih berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MTs Al-Azhar Jember?, 2) Bagaimana perlaksanaan pembelajaran fikih berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MTs Al-Azhar Jember?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran fikih berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MTs Al-Azhar Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran fikih berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MTs Al-Azhar Jember, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran fikih berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MTs Al-Azhar Jember, 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran fikih berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) di MTs Al- Azhar Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitiannya menggunakan penelitian lapangan (Field Research). Subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunaka tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles and Huberman yaitu Data Collection (Pengumpulan Data), Data Condensation (Kondensasi Data), Data Display (Penyajian Data), Conclusion Drawing/Verification (Penarikan Kesimpulan dan Verifikasi). Keabsahan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang peneliti peroleh adalah: Perencanaan pembelajaran fikih berbasis HOTS antara lain; pertama, Penyusunan RPP dengan pendekatan saintifik yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan; Kedua, Penentuan materi pembelajaran yang dirancang sendiri oleh guru dan disesuaikan dengan kurikulum 2013; ketiga, Penentuan model pembelajaran yaitu problem based learning (pembelajaran berbasis masalah); keempat, Penentuan media pembelajaran dengan guru menyiapkan beragam media pembelajaran yang disesuaikan dengan materi pembelajaran; kelima, Penentuan KKM , ditentukan oleh lembaga pendidikan; keenam, Pemberian motivasi dengan menceritakan pengalaman melalui video. Pelaksanaan pembelajaran fikih berbasis HOTS yaitu; pertama, Membuka pembelajaran dengan salam, membaca do’a, absensi dan mereview materi sebelumnya; kedua, penyampaian materi terdapat beberapa prosedur pembelajaran yaitu mengamati dengan mengeksplorasi dan mengidentifikasi masalah, menanya dengan mengembangkan hipotesis baru, mengumpulkan informasi dengan merumuskan, merencanakan dan memproduksi suatu permasalahan dengan memunculkan ideide baru, mengasosiasi dengan membedakan, mengatribusikan dan menganalisis permasalahan yang sudah diamati dalam video dan mengkomunikasikan dengan memeriksa, mengkritik dan mengevaluasi suatu permasalahan dengan memberikan kritikan terhadap video yang sudah diamati; ketiga, menutup pembelajaran dengan mereview materi yang sudah dipelajari, membaca do’a dan salam. Evaluasi pembelajaran berbasis HOTS ada tiga yaitu; pertama, analisis, Peserta didik harus bisa membedakan, mengorganisasikan dan menghubungkan; kedua, evaluasi, peserta didik harus bisa mengecek dan mengkritisi sebuah permasalahan; ketiga, mencipta, peserta didik harus bisa menyusun, merencanakan dan menghasilkan ide-ide yang baru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 12 Oct 2022 04:05 |
Last Modified: | 12 Oct 2022 04:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13599 |
Actions (login required)
View Item |