Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Peserta didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.

PANGARSI PUTRI, DYAH AYU (2019) Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Peserta didik melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Tari Tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
DYAH AYU PANGARSI PUTRI_T20154078.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Muncar Banyuwangi adalah sekolah swasta yang pada bulan Januari 2018 mulai menerapkan kegiatan ekstrakurikuler tari tradisional dengan alasan untuk mengembangkan salah satu potensi yang dimiliki peserta didik yaitu kecerdasan kinestetik. Tujuan penelitian ini, yaitu: 1)Untuk mendeskripsikan pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler unsur wiraga tari tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019. 2)Untuk mendeskripsikan pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler unsur wirama tari tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mendeskripsikan pengembangan kecerdasan kinestetik peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler unsur wirasa tari tradisional di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Al-Islah Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2018/2019. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi jenis nonpartisipan, wawancara dengan jenis wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi condensation, data display, dan conclusion drawing/verivications. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian ini yaitu: 1)Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Peserta Didik melalui Unsur Wiraga Tari Tradisional Tari Gandrung dan Tari Kuntulan meliputi,dengan pengenalan gerak dasar tari, pembiasaan senam pemanasan, latihan gerakan-gerakan tari tradisional dengan cara meniru gerakan dari sang pembimbing terlebih dahulu, dan perkembangannya dapat menguasai bagian-bagian tubuh ketika menari. 2)Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Peserta Didik melalui Unsur Wirama Tari Tradisional Tari Gandrung dan Tari Kuntulan meliputi, mengatur cepat lambatnya gerakan menggunakan pola hitungandan perasaan, mengatur antara pergantian gerakan disaat musik yang tepat dengan menggunakan pola hitungan, mengatur keselarasan antara pukulan musik dengan gerakan-gerakan agar terdengar lebih mantap dengan menggunakan pola hitungan dan perasaan, dan perkembangannya dapat menyeimbangkan gerakan tari dengan alunan musik. 3)Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Peserta Didik melalui Unsur Wirasa Tari Tradisional Tari Gandrung dan Tari Kuntulan dengan pembiasaan senam senyum selama beberapa menit agar terbiasa berkspresi tersenyum ketika menari, dan perkembangannya dapat terbiasa berekspresi tersenyum ketika menari

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 04:05
Last Modified: 12 Oct 2022 04:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13600

Actions (login required)

View Item View Item