Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di MI Miftahul Ulum 03 Suren Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

SIL, WA (2019) Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV di MI Miftahul Ulum 03 Suren Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
WASIL_084158015.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah MI Miftahul Ulum 03 Suren Jember merupakan lembaga pendidikan Islam yang sangat mementingkan agama dari pada pendidikan umum, akan tetapi tidak memisahkan antara keduanya. Terbukti dari beberapa program unggulan yang menjadi daya tarik dalam dunia pendidikan. Di antaranya adalah pembelajaran Tematik Saintifik yang menjadi ciri khas pembelajaran di madrasah ibtidaiyah tersebut. Agar membentuk siswa lebih kreatif, mandiri serta siswa dapat memanfaatkan lingkungan sekitarnya bagi siswa-siswi MI Miftahul Ulum 03 Suren Jember. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui: 1) Perencanaan Penerapan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV Di MI Miftahul Ulum 03 Suren Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV Di MI Miftahul Ulum 03 Suren Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Evaluasi Pendekatan Saintifik Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV Di MI Miftahul Ulum 03 Suren Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, Dalam penelitian ini menggunkan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Analisis data ini meliputi kegiatan Pengumpulan data (Data Collection) Konensasi data (Data Condentation) Penyajian Data (Display Data) dan penarikan kesimpulan (Conclusions). Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa: 1) pada tahap perencanaan meliputi penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran tematik, dilakukan dengan mempersiapkan instrumen pembelajaran, yang terdiri dari kalender pendidikan, prota, promes, silabus, RPP. 2) pelaksanaannya yaitu pemantauan pembelajaran tematik, dilakukan dengan pengaturan siswa di kelas, melaksanakan pembelajaran dengan lima M, dengan menggunakan media 3) pada tahap evaluasi meliputi tiga aspek yakni, afektif yaitu kedisiplinan dan tanggung jawab siswa dalam menyelesaikan tugas kelompok, kognitif penguasaan materi, dan psikomotorik kreatifitas siswa dalam mengolah karyanya agar mudah difahami,

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:11
Last Modified: 12 Oct 2022 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13601

Actions (login required)

View Item View Item