Harmoni Hidup Beragama Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember

Prayogo, Reza Adi (2022) Harmoni Hidup Beragama Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kyai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Reza Adi Prayogo_T20181167_skripsi.pdf

Download (7MB)

Abstract

Indonesia merupakan negara majemuk dengan berbagai keberagaman yang
ada di dalamnya. Adanya keberagaman atau perbedaan disuatu negara ber peluang
besar akan terjadinya suatu konflik, beberapa konflik sosial, agama, etnis, maupun
politik pernah terjadi di Indonesia yang didalamnya melibatkan banyak pihak
termasuk peserta didik. Peran institusi pendidikan formal menjadi sangat penting
dalam hal mencegah adanya konflik. Melalui pendidikan agama di sekolah lebih
hususnya melalui Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu memberi solusi, agar
terjadi rasa saling menghormati, menghargai, dan meningkatkan rasa kebersamaan
tanpa harus mengusik keyakinan masing-masing.
Berdasarkan konteks penelitian tersebut, Adapun fokus penelitian ini adalah, 1)
Bagaimana bentuk keharmonisan Hidup Beragama Peserta Didik di Sekolah
Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember? 2) Bagaimana Penerapan Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam dalam menjaga keharmonisan Hidup Beragama Peserta
Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember? 3) Apa kebijakan
lembaga sekolah dalam menjaga keharmonisan Hidup Beragama Peserta Didik di
Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember?
Tujuan dari penelitian ini dilaksanakan yaitu, 1) Untuk memaparkan bentuk
keharmonisan Hidup Beragama Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri
Umbulsari Jember. 2) Untuk memaparkan Penerapan Pembelajaran Pendidikan
Agama Islam dalam menjaga keharmonisan Hidup Beragama Peserta Didik di
Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember. 3) Untuk memaparkan kebijakan
lembaga sekolah dalam menjaga keharmonisan Hidup Beragama Peserta Didik di
Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah model Miles, Huberman dan
Saldana yaitu menggunakan pengumpulan data : wawancara, observasi dan
dokumentasi. Langkahnya meliputi: kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan kredibilitas data yaitu: triangulasi
sumber dan triangulasi teknik.
Berdasarkan hasil temuan peneliti yang telah dilakujkan di SMA Negeri
Umbulsari tentang toleransi beragama bahwa: 1) Bentuk keharmonisan Hidup
Beragama Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri Umbulsari Jember yaitu:
a) saling menghormati dan menghargai, b) kerjasama dan tolong menolong, dan, c)
saling mengingatkan. 2) Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam
menjaga keharmonisan Hidup Beragama Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas
Negeri Umbulsari Jember yaitu: a) doa bersama, b) memberikan kebebasan, dan c)
memberikan nasihat dan teladan. 3) Kebijakan Lembaga Sekolah Dalam Menjaga
keharmonisan Hidup Beragama Peserta Didik di Sekolah Menengah Atas Negeri
Umbulsari Jember yaitu a) embuattata tertib siswa, b) tidak boleh membeda-bedakan
atau mendiskriminasi, c) Mengembangkan Kurikulum Berpendekatan Multikultural,
dan d) Mengadakan Kegiatan Hari Besar Keagamaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Reza adi p Reza Adi
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:31
Last Modified: 13 Oct 2022 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13602

Actions (login required)

View Item View Item