Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Pembelajaran Konvensional dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Mengah Atas Baitul Arqom Balung.

AFKARINA, SINDI RIZZA (2019) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) dengan Pembelajaran Konvensional dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Mengah Atas Baitul Arqom Balung. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SINDI RIZZA AFKARINA_T20151365.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Dari hasil wawancara yang dilakukan peneliti pada hari Rabu tanggal 28 Maret 2019 bersama guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti di kelas X SMA Baitul Arqom Balung diketahui bahwa hasil belajar peserta didik masih kurang memuaskan, hal tersebut dikarenakan proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti di kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang masih monoton menggunakan model pembelajaran konvensional (ceramah). Mengantisipasi permasalahan tersebut, diperlukan model pembelajaran yang tepat untuk mengoptimalkan proses pembelajaran dengan menyajikan materi yang menarik, melibatkan peserta didik dalam pembelajaran sehingga peserta didik lebih aktif dan hasil belajar bisa memuaskan. Dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD peserta didik akan terlibat secara aktif selama proses pembelajaran dan akan tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih berpengaruh dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah) terhadap meningkatnya hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan (kognitif) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti kelas X IPS SMA Baitul Arqom Balung Tahun Ajaran 2019/2020? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik pada aspek pengetahuan (kognitif) mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti kelas X SMA Baitul Arqom Balung Tahun Ajaran 2019/2020 Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimental (eksperimen semu) dengan menggunakan desain The Nonequivalent Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Baitul Arqom. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPS 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X IPS 1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes formatif, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam melakukan perhitungan statistik menggunakan independent sample t test dengan bantuan PSPP Manual pada taraf signifikasi 5% diperoleh thitung= 5,43 dan ttabel= 1,99 maka thitung> ttabel. Sehingga hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan diterimanya Ha pada pengujian hipotesis tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat menguji kebenaran hipotesis yaitu ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budipekerti kelas X SMA Baitul Arqom Balung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:11
Last Modified: 12 Oct 2022 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13603

Actions (login required)

View Item View Item