Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Kinerja Administrasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wonomerto Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022

Windy, Dewi Lidia Sifa (2022) Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Kinerja Administrasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wonomerto Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022. Diploma thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
WINDY DEWI LIDIA SIFA_T20183094.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Windy Dewi Lidia Sifa, 2022: Manajemen Tata Usaha dalam Meningkatkan Kinerja Administrasi Sekolah di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Wonomerto Probolinggo Tahun Pelajaran 2021/2022
Kata Kunci : Manajemen Tata Usaha, Kinerja Administrasi Sekolah
Manajeman tata usaha ialah kegiatan mengatur proses kerja administrasi sekolah secara sistematis yang menggunakan suatu komponen integral dan tidak dapat dipisah-pisahkan untuk mencapai tujuan pendidikan. Banyaknya masalah yang timbul ditemukan dalam penerapan tata kelola administrasi sekolah seperti mengartikan secara sempit bahwa ketatusahaan hanya merupakan komponen pendukung di sekolah. Yang kemudian mengakibatkan kurang nya perhatian kepala sekolah dalam mengupayakan pengembangan profesionalitas kerja Tenaga Administrasi Sekolah (TAS). Oleh karena itu salah satu strategi untuk mengatasi permasalahan ini ialah penerapan manajemen tata usaha yang tepat mulai dari perencanaan, pengorganisasian, implementasi hingga pengawasan. Dengan harapan dapat mengupayakan hasil kerja yang efektif dan efisien.
Fokus dalam penelitian ini ialah: 1) Bagaimana perencanaan TU dalam meningkatkan kinerja administrasi sekolah di SMPN 1 Wonomerto Probolinggo Tahun pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pengorganisasian TU dalam meningkatkan kinerja administrasi sekolah di SMPN 1 Wonomerto Probolinggo Tahun pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana implementasi TU dalam meningkatkan kinerja administrasi sekolah di SMPN 1 Wonomerto Pobolinggo Tahun pelajaran 2021/2022? 4) Bagaimana pengawasan TU dalam meningkatkan kinerja administrasi sekolah di SMPN 1 Wonomerto Probolinggo Tahun pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini ialah: Untuk mendeskripsikan strategi yang berupa perencanaa, pengorganisasian, implementasi dan pengawasan dalam meningkatkan kinerja administrasi sekolah SMP Negeri 1 Wonomerto.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan mulai dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil Penelitian ini adalah:1) Perencanaan tata usaha dalam meningkatkan kinerja administrasi sekolah di SMPN 1 Wonomerto dilakukan dengan dua tahap yaitu melakukan perencanaan kepegawaian dengan menyeleksi pegawai yang dibutuhkan sesuai dengan keahlian, kemudian melakukan perencanaan program dengan menyusun program kerja untuk mengidentifikasi pekerjaan yang dibutuhkan dalam pengembangan sekolah. 2) Pengorganisasian tata usaha dilakukan dengan membagi pekerjaan yang disusun dalam bentuk struktur organisasi yang selanjutnya dilakukan delegasi wewenang kepada staf yang diyakini mampu untuk menjalankan tanggung jawabnya. 3) Impelementasi tata usaha dilakukan dengan pembinaan oleh koordinator TAS dengan memberikan arahan, bimbingan dan motivasi kepada staf. Selanjunya melakukan pengembangan melalui diskusi dan musyawarah melalui forum M-TAS yang dibentuk sebagai tempat penyampaian segala macam informasi administrasi sekolah. 4) Pengawasan tata usaha dilakukan dengan mengevaluasi keberhasilan pencapaian target program melalui SIKePPO (Sistem Informasi Kinerja Pegawai Kabupaten Probolinggo), selanjutnya di klasifikasi untuk mengetahui penyimpangan kerja yang kemudian mencari solusi atau jalan keluar yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management
Depositing User: Mrs Windy Dewi Lidia Sifa
Date Deposited: 13 Oct 2022 07:55
Last Modified: 13 Oct 2022 07:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13606

Actions (login required)

View Item View Item