Penggunaan Media Manipulatif dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif di Raudlatul Athfal Al Musthofa Mlokorejo Puger Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

MAIDAH, NURUL (2019) Penggunaan Media Manipulatif dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif di Raudlatul Athfal Al Musthofa Mlokorejo Puger Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
NURUL MAIDAH_T20155011.pdf - Submitted Version

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan kognitif merupakan salah satu aspek perkembangan yang penting untuk mengembangkan kemampuan berfikir anak. Pembelajaran yang paling tepat dalam mengembangkan kemampuan kognitif anak yaitu dengan menggunakan media pembelajaran untuk merangsang proses berfikir anak. Media merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim pesan kepada penerima pesan sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan dan perhatian anak didik untuk tercapainya tujuan pendidikan. Penggunaan media manipulatif merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dapat memotivasi anak dalam proses belajar. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penggunaan media balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif di Raudlatul Athfal Al-Musthofa Mlokorejo Puger Jember Tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana penggunaan media manikmanik dalam meningkatkan kemampuan kognitif di Raudlatul Athfal Al-Musthofa Mlokorejo Puger Jember Tahun Pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penggunaan media balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif di Raudlatul Athfal Al-Musthofa Mlokorejo Puger Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mendeskripsikan penggunaan media manik-manik dalam meningkatkan kemampuan kognitif di Raudlatul Athfal Al-Musthofa Mlokorejo Puger Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta yang diselidiki. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu 1) Penggunaan media balok dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di Raudlatul Athfal Al-Musthofa Mlokorejo bahwa penggunaan media balok dapat meningkatkan kemampuan mengenal warna, mengenal konsep ukuran(besar-kecil, tinggi-rendah, tebal-tipis), membilang jumlah balok, mengelompokkan balok yang sejenis. 2) Penggunaan media manik-manik dalam meningkatkan kemampuan kognitif di Raudlatul Athfal Al-Musthofa Mlokorejo bahwa penggunaan media manik-manik dapat meningkatkan kemampuan menghitung jumlah manik-manik, mengurutkan pola ABCD-ABCD, mengenal warna manik-manik, mengelompokkan manik-manik sesuai dengan warnanya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:10
Last Modified: 12 Oct 2022 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13609

Actions (login required)

View Item View Item