Keterampilan Guru dalam Pengelola Kelas pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember.

FATMAWATI, DESI NURUL (2019) Keterampilan Guru dalam Pengelola Kelas pada Pembelajaran Tematik di Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
DESI NURUL FATMAWATI_T20154092.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Darussalam 01 Puger adalah sekolah swasta yang berada di Desa Bagon Puger. Melihat dari proses belajar mengajar,sudah seharusnya guru memiliki keterampilan dalam mengelola kelas yang menyenangkan terhadap peserta didiknya. Namun di lembaga tersebut,dalam proses pembelajaran khususnya kelas IV kurang optimal, Hal ini disebabkan adanya beberapa permasalahan terkait proses pembelajaran yang dilaksanakan di kelas. Masalah tersebut membuat keluhan guru khususnya guru kelas saat berlangsunya proses pembelajaran, dimana siswa kurang semangat dan kurang aktif sehigga pembelajaran sangat monoton, terdapat beberapa siswa yang tidak mendengarkan guru, dari situ guru berinisiatif merubah model pebelajaran dan merubah pengelolaan kelasnya. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini,yaitu:Bagaimana keterampilan guru dalam pengelolaan kelas di Kelas IV MI Darussalam 01 Puger?, Bagaimana tahapan pelaksanaan pembelajaran tematik pada kelas IV MI Darussalam 01 Puger?, Apafaktor pendukung dan penghambat keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran Tematik pada Kelas IV MI 01 Puger?, Tujuan penelitian ini: Untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada Kelas IV, untuk mendeskripsikan tahapan-tahapan Pelaksanaan Pembelajaran Tematik pada Kelas IV, untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan Penghambat keterampilan guru dalam pengelolaan kelas pada pembelajaran Tematik pada Kelas IV. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studikasus. pengumpulan data menggunakan teknik observasi jenis partisipan,wawancara dengan jenis wawancara semiterstruktur,dan studi dokumenter. Adapun analisis data menggunakan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi condensation,data display,dan conclusion drawing/verivications. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian: 1) Keterampilan guru kelas IV MI Daussalam 01 Puger ini tidak sekedar mengajar, menyampaikan materi, tetapi guru kelas IV ini menciptakan suasana kelas yang menyenangkan, hal tersebut dibuktikan dengan keterampilan guru dalam pengelolaan kelas, seperti menata pola-pola tempat duduk peserta didik, mengkondisikan kelas dengan baik, menyediakan perangkatperangkat pendukung pembelajaran berupa mading, jadwal piket dan tata tertib kelas, media yang bisa di gunakan seterusnya, hiasan-hiasan kelas serta sarana dan prasarana kelas lainnya yang tergolong ke dalam jenis pengelolaan kelas. 2) Tahap Pelaksanaan pembelajaran tematik kelas IV meliputi: kegiatan pembuka, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. 3) Faktor pendukung pengelolaan kelas di kelas IV MI Darussalam 01 Puger meliputi:Kurikulum, guru, bangunan dan sarana Madrasah, dinamika kelas, peserta didik peserta didik, dan keluarga untuk faktor penghambat pengelolaan kelas meliputi: guru, keluarga, dan peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:10
Last Modified: 12 Oct 2022 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13610

Actions (login required)

View Item View Item