Peningkatan Kreativitas Anak Melalui kegiatan mewarna, menggunting, menempel (3M) pada Kelompok Bermain As Shobier Wonojati, Jenggawah, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruhan, Institut Agama Islam Negeri Jember.

Fardah, Siti Malihah (2019) Peningkatan Kreativitas Anak Melalui kegiatan mewarna, menggunting, menempel (3M) pada Kelompok Bermain As Shobier Wonojati, Jenggawah, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruhan, Institut Agama Islam Negeri Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Siti Malihah Fardah_T201511099.pdf - Submitted Version

Download (13MB)

Abstract

Kreativitas sangat penting untuk dikembangkan sejak usia dini, kelompok bermain As Shobier adalah Kelompok Bermain anak usia dini yang sebagian anak didik pada Kelompok bermain As Shobier belum bisa melakukan kegiatan mewarnai, menggunting, menempel (3M), maka dengan alasan itu guru melaksanakan pembelajaran melalui kegiatan mewarnai, menggunting dan menempal (3M). Fokus penelitian ini 1) Bagaimana peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mewarnai di Kelompok Bermain As Shobier Wonojati, Jenggawah, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, 2) Bagaimana peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan menggunting di Kelompok Bermain As Shobier Wonojati, Jenggawah, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, 3) Bagaimana peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan menempel di Kelompok Bermain As Shobier Wonojati, Jenggawah, Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mewarnai di Kelompok Bermain As Shobier Wonojati Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Mendeskripsikan peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan menggunting di Kelompok Bermain As Shobier Wonojati Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Mendeskripsikan peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan menempel di Kelompok Bermain As Shobier Wonojati Jenggawah Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut peneliti ini mengunakan jenis penelitian kualitatif dan menggunakan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian di Kelompok Bermain As Shobier Wonojati, Jenggawah, Jember. Penentuan informan menggunakan purposive Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi dan keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan triangulasi sumber. Kesimpulan penelitian 1) Adanya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan mewarnai di Kelompok Bermain As Shobier, dilakukan dengan beberapa langkah yaitu merencanakan pembelajaran dan menyediakan gambar dan pola gambar yang akan diwarnai anak, menyiapkan alat dan bahannya yaitu pola gambar sesuai tema dan sub tema, pensil warna (krayon), gunting, lem dan kertas, membimbing proses kegiatan mewarnai. 2) Adanya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan menggunting di Kelompok Bermain As Shobier, dilakukan dengan kegiatan bermain sambil belajar. Sehingga, dapat meningkatkan minat anak untuk mengeksplor dan menciptakan sesuatu dengan ide-ide kreatif yang dimiliki anak. Dalam hal ini hendaknya guru lebih sabar dan terus mengawasi, kenyamanan, keamanan anak dalam kegiatan bermain. 3) Adanya peningkatan kreativitas anak melalui kegiatan menempel di Kelompok Bermain As Shobier, guru sangat sabar dalam memberi arahan, terus memberikan motivasi untuk melakukannya secara teliti agar hasilnya rapi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:26
Last Modified: 12 Oct 2022 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13615

Actions (login required)

View Item View Item