Pembelajaran Komputer dalam Menghadapi Ujian Berbasis Komputer di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Buluagung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019.

ZAKIYA, UMI AROFATUS (2019) Pembelajaran Komputer dalam Menghadapi Ujian Berbasis Komputer di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Buluagung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
UMI AROFATUS ZAKIYA_T20154005.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Ujian Berbasis Komputer (UBK) merupakan ujian yang mulai banyak diterapkan di sekolah-sekolah. Dalam pelaksanaannya tentunya memerlukan persiapan yang matang. Salah satu persiapan yang harus dilakukan ialah kemampuan dalam mengoperasikan komputer. Untuk itu peneliti tertarik meneliti Pembelajaran Komputer dalam Menghadapi Ujian Berbasis Komputer. Fokus Penelitian ini adalah: 1) Bagaimana persiapan pembelajaran komputer dalam menghadapi ujian berbasis komputer di MI Miftahul Ulum Buluagung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran komputer dalam menghadapi ujian berbasis komputer di MI Miftahul Ulum Buluagung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran komputer dalam menghadapi ujian berbasis komputer di MI Miftahul Ulum Buluagung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan persiapan pembelajaran komputer dalam menghadapi ujian berbasis komputer di MI Miftahul Ulum Buluagung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran komputer dalam menghadapi ujian berbasis komputer di MI Miftahul Ulum Buluagung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran komputer dalam menghadapi ujian berbasis komputer di MI Miftahul Ulum Buluagung Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian Field Research. Penentuan informanya menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Persiapan yang dilakukan sebelum pembelajaran ialah menyiapkan sarana berupa komputer, laptop ataupun handpone; menyiapkan guru yang mampu mengoperasikan komputer; menyiapkan siswa untuk memiliki kemampuan mengoperasikan komputer serta materi. 2) Dalam pelaksanaan pembelajaran komputer menggunakan media LCD, untuk langkah awal yang dilakukan guru ialah memastikan laptop siswa tehubung dengan wifi, memberikan link kepada siswa, siswa membuka link, siswa mengisi password, siswa mengisi identitas siswa, siswa mengerjakan soal. Siswa bisa langsung melihat skor yang diperoleh setelah mengerjakan soal. 3) Setelah mengetahui hasil ujian pertama kali yang di bawah rata-rata, kemudian pihak madrasah melakukan evaluasi. Setelah mengetahui faktor yang menyebabkan nilai siswa di bawah rata-rata, maka pihak madrasah melakukan pembiasaan try out dengan menggunakan komputer, memberikan PR kepada siswa, memberi soal tambahan berupa soal uraian serta memberikan remidi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:45
Last Modified: 12 Oct 2022 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item View Item