Pengembangan Motorik Anak Usia Dini Kelompok B di Raudhatul Athfal Darul FalahKecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Munawaroh, Siti (2019) Pengembangan Motorik Anak Usia Dini Kelompok B di Raudhatul Athfal Darul FalahKecamatan Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Siti Munawaroh_T201511066.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Motorik adalah sebagai salah satu aspek perkembangan yang harus di kembangkan karena motorik merupakan media tumbuh kembang anak yamg harus di perhatikan. Pengembangan motorik adalah perubahan secara progresif pada kontrol dan kemampuan.Raudhatul Athfal Darul Falah merupakan sekolah formal yang mengadakan kegiatan agama yaitu Shalat Dhuha berjamaah, membaca dan menulis Al Qur’an, serta adanya kegiatan Tahfidz Al Qur’an juz 30. Tetapi perkembangan motorik anak RA Darul Falah masih rendah Oleh karena itu perlu adanya pengembangan motorik anak usia dini, agar materi dapat tersampaikan dengan maksimal. Adapun fokus penelitian: 1) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan perkembangan motorik kasar anak kelompok B di Ra Darul Falah Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember 2018/2019? 2) Untuk mendeskripsikan dan menganalisis peningkatan perkembangan motorik halus anak kelompok B di RA Darul Falah Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember 2018/2019?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di Raudhatul Athfal Darul FalahDesa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember. Penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yaitu: 1) Pengembangan motorik kasar anak usia dini di Raudhatul Athfal Darul Falah Desa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember sudah terlaksana, namun belum maksimal karena terdapat beberapa kendala, yaitu kurangnya waktu dalam pengembangan motorik kasar anak usia dini, terbatasnya media, terbatasnya tenaga pendidik yang menguasai bidang tersebut dan disetiap kendala memiliki solusi diantaranya penambahan waktu, melengkapi fasilitas, serta adanya arahan dan bimbingan terhadap guru. Melalui senam berirama dan berjalan diatas papan titian di Raudhatul Athfal Darul Falahdapat mengembangkan motorik kasar anak usia dini. 2) Pengembangan motorik halus di Raudhatul Athfal Darul FalahDesa Sabrang Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember sudah berjalan dengan baik akan tetapi masih menemukan kendala yaitu ada beberapa anak yang belum tertarik dengan motorik halus sehingga solusi dari kendala tersebut yaitu guru dituntut agar memiliki kreatifitas dalam penyampaian motorik halus agar dapat menarik minat belajar anak dan pengembangan motorik halus anak usia dini bisa terlaksana dengan maksimal. Mewarnai gambar dan meronce di Raudhatul Athfal Darul Falahadalah kegiatan yang dapat mengembangkan motorik halus anak usia dini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:45
Last Modified: 12 Oct 2022 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13619

Actions (login required)

View Item View Item