Implementasi Metode Cerita Dalam Mengendalikan Emosi dan Sosial Pada Siswa Kelompok A Paudhatul Atfal Baitul Makmur Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2018/ 2019

ZAENAB, SITI (2019) Implementasi Metode Cerita Dalam Mengendalikan Emosi dan Sosial Pada Siswa Kelompok A Paudhatul Atfal Baitul Makmur Bangsalsari Jember Tahun Pelajaran 2018/ 2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
SITI ZAENAB_T201511003.pdf - Submitted Version

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan sosial dan emosional anak usia dini adalah salah satu perkembangan yang memerlukan penanganan khusus. Perkembangan emosi dan sosial harus diarahkan sesuai dengan standart kompetensi yang telah ditetapkan, sesuai STPPA. Oleh karena itu, emosi dan sosial harus dibina sejak masak anakkanak awal, atau biasa disebut masa pembentukan. Jangan sampai masak anakkanak diisi hal-hal yang negatif. Disinilah peranan orang tua di rumah dan guru selaku orang tua di sekolah sangatlah diharapkan. Seorang guru hendaknya berusaha secara maksimal guna mengembangkan dan mengarahkan kemampuan emosi dan sosial anak sejak dini. Metode cerita merupakan salah satu metode mengajar, yakni strategi belajar dan mengajar yang dilaksanakan didalam kelas maupun diluar kelas. Metode cerita juga merupakan metode yang efektif efisien. Guna mengembalikan jati diri generasi kita, cerita yang dipilih harus memiliki esensi yang menunjang, bukan cerita khayal yang justru bisa merusah mentalitas generasi kita. Metode ini yang dilaksanakan karena objek yang akan diteliti menggunakan metode cerita. Penelitian ini bertempat di Raudhatul Atfal Bangsalsari Jember, adapun rumusan masalah yang penulis ajukan, “Bagaimana penerapan metode cerita terhadap pengendalia nemosi dan sosial anak di Raudhatul Atfal Bangsalsari Jember?, maka dari itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode cerita yang dilakukan guru dalam pengendalian emosi dan sosial anak, subjek penelitian adalah 1 orang kepala sekolah, 1 orang guru, dan 15 siswa. Sedangkan objek penelitiannya adalah peranan guru dalam mengendalikan emosi dan sosial pada anak melalui metode cerita. Pendekatan yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif, tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengendalian emosi dan sosial anak mulai berkembang. Adapun indikator perkembangannya adalah, menunjukkan reaksi emosi diri secara wajar, memiliki perilaku yang mencerminkan sikap taat terhadap aturan sehari-hari untuk melatih kedisiplinan, memiliki perilaku yang mencerminkan sikap kerjasama. Dari penelitian yang telah dilakukan, penerapan metode cerita bisa diterapkan guna mengendalikan emosi dan sosial di Raudhatul Atfal Baitul Makmur Bangsalsari Jember. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode cerita dengan tehnik dan urutan yang teratur mampu mengendalikan emosi dan sosial siswa di Raudhatul Atfal Bangsalsari, dengan hasil rata- rata siswa mulai berkembang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:45
Last Modified: 12 Oct 2022 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13623

Actions (login required)

View Item View Item