Upaya guru Agama Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Tengah Kondisi Konflik di Markazul Islami Nongchik Patani Selatan Thailand

Arong, Ishan (2019) Upaya guru Agama Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Tengah Kondisi Konflik di Markazul Islami Nongchik Patani Selatan Thailand. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Ishan Arong_ 084 131 080.pdf - Submitted Version

Download (3MB)

Abstract

Siswa sekolah menengah atas mengalami masa pertumbuhan yang begitu pesat sehingga muncul pola pikir yang begitu luas juga. Di masa ini siswa yang baru beranjak dewasa awal tentu memiliki tantangan dan tanggung jawab yang berat juga disamping menjadi seorang anak dewasa awal juga menjadi siswa layaknya berkewajiban belajar, demikian juga banayak fenomena yang menyelimuti dalam fase-fase ini diantaranya kawan dan lingkungan serta para pendidik yang berada dilingkungan lembaga pendidikan maupun keluarga. Hal nyata yang terjadi dalam penelitian ini adalah suasana pembelajaran serta interaksi antara pendidik dan peserta didik yang memprihatinkan sebab terjadinya koflik masa silam yakni bahwa negara Thailand yang memiliki sejaran berisikan kekerasan dan pemberontakan Fokus penelitian ini adalah 1) Apa upaya guru agama dalam menumbuhkan motivasi belajar biswa di tengah kondisi konflik di Al-Markazul Islami Nongchik, Patani, Thailand, selatan? 2) Apa Faktor penghambat dan pendukung upaya guru agama dalam menumbuhkan motivasi belajar biswa di tengah kondisi konflik di Al-Markazul Islami Nongchik, Patani, Thailand, selatan? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan upaya guru agama dalam menumbuhkan motivasi belajar biswa di tengah kondisi konflik di Al-Markazul Islami Nongchik, Patani, Thailand, selatan? 2) Mendeskripsikan Faktor penghambat dan pendukung upaya guru agama dalam menumbuhkan motivasi belajar biswa di tengah kondisi konflik di Al-Markazul Islami Nongchik, Patani, Thailand, selatan? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verification). Sedangkan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian: 1) upaya guru agama dalam menumbuhkan motivasi belajar biswa di tengah kondisi konflik di Al-Markazul Islami yakni dengan selalu membiasakan pelaksanaan upacara bendera sebelum masuk pelajaran dikelas, mengadakan acara sukan budaya yang mana akan membuat para siswa merasa kehingan rasa takut Dan mendekatin siswa yang menjadi korban dalam kondisi yang tidak aman 2) Faktor penghambat dan pendukung upaya guru agama dalam menumbuhkan motivasi belajar biswa di tengah kondisi konflik di Al-Markazul Islami yakni dari fakor penghambat bahwa ditemukan sebagian siswa yang nakal dengan secara nekad keluar tanpa ijin dari seorang guru yang menyebabkan terancamnya keselamatan dirinya dan orang lain disekitarnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:45
Last Modified: 12 Oct 2022 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13624

Actions (login required)

View Item View Item