Implementasi Sistem Klasifikasi Elektronic Dewey Decimal Classification Edition (E-DDC) di Perpustakaan MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

HIFNI, ALI (2019) Implementasi Sistem Klasifikasi Elektronic Dewey Decimal Classification Edition (E-DDC) di Perpustakaan MAN 1 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
ALI HIFNI_T20153025.pdf - Submitted Version

Download (17MB)

Abstract

Perpustakaan merupakan merupakan sumber informasi atau sumber ilmu yang sangat bermanfaat bagi seluruh siswa, bukan hanya untuk mengumpulkan dan menyimpan buku-buku bacaan, tetapi juga sebagai sarana belajar mengajar, pusat penelitian dan informasi. Dan di harapkan juga dapat membantu siswa dan guru menyelesaikan tugas-tugas dalam proses belajar mengajar. Dengan memanfaatkan perpustakaan, maka siswa telah melakukan penyerapan infor masi dan ilmu pengetahuan yang memberdayakan beberapa indra secara bersama. Timbulnya keinginan yang kuat untuk memanfaatkan perpustakaan diwujudkan dalam keinginan untuk selalu berkunjung keperpustakaan. Oleh sebab itu segala macam buku yang dimiliki perpustakaan harus dapat menunjang proses belajar mengajar. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana perencanaan sistem aplikasi EDDC (Elektronik Dewey Decimal Classification) di perpustakaan MAN 1 Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan sistem aplikasi E-DDC (Elektronik Dewey Decimal Classification) di perpustakaan MAN 1 Jember? (3) Bagaimana evaluasi sistem aplikasi E-DDC (Elektronik Dewey Decimal Classification) di perpustakaan MAN 1 Jember? Tujuan penelitian (1) Mendeskripsikan perencanaan sistem aplikasi EDDC (Elektronik Dewey Decimal Classification) di perpustkaan MAN 1 Jember (2) Mendeskripsikan pelaksaan sistem aplikasi E-DDC (Elektronik Dewey Decimal Classification) di perpustkaan MAN 1 Jember (3) mendeskripsikan evaluasi sistem aplikasi E-DDC (Elektronik Dewey Decimal Classification) di perputakan MAN 1 Jember. Peneletian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif lokasi penelitian di MAN 1 Jember. Sumber data dalam penelitian adalah menggunakan Purposive Sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah (1) Metode observasi (2) Metode wawancara (3) Metode Dokumentasi. Data penelitian yang sudah terkumpul dianalisis dengan menggunakan langkah 1) Reduksi Data, 2) Penyajian Data, 3) Penarik Kesimpulan dan diuji keabsahan data peneliti menggunakan validitas data triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa klasifikasi sistem aplikasi E-DDC (Elektronik Dewey Decimal Classification) di perpustakaan MAN 1 Jember adalah dengan menerapkan tiga fungsi manajemen yaitu: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penerapan tersebut dapat mengembangkan perpustakaan sekolah MAN 1 Jember sesuai dengan era globalisasi masa kini, yang mana pemanfaatan teknologi ini dapat memudahkan bagi pustakawaan untuk menyesuaikan bahan pustaka yang diinginkan ke tempat rak koleksi bahan pustaka. sehingga dapat memudahkan juga bagi pemustaka untuk mencari bahan pustaka yang akan di baca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:45
Last Modified: 12 Oct 2022 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13625

Actions (login required)

View Item View Item