Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Lembar Kerja di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

SANIYAH, RIFATUS (2019) Analisis Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Lembar Kerja di Kelas XI MIPA 5 SMA Negeri 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
RIFATUS SANIYAH_T20158029.pdf - Submitted Version

Download (30MB)

Abstract

Biologi merupakan salah satu bidang sains yang membutuhkan pemahaman konsep yang baik. Selain itu biologi juga memiliki konten berbasis masalah yang perlu diselesaikan dengan baik pula. Fakta di SMA Negeri 3 Jember menunjukkan bahwa siswa menghafal konsep dan bukan memahani konsep terutama pada pembelajaran biologi. Pembelajaran biologi yang diterapkan di SMA Negeri 3 Jember menggunakan lembar kerja yang dibuat oleh guru biologi sendiri. Lembar kerja tersebut berupa lembar kerja berbasis problem based learning. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019 menggunakan Lembar Kerja? 2) Bagaimana kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Jember tahun pelajran 2018/2019 menggunakan Lembar Kerja? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Jember tahun pelajaran 2018/2019 menggunakan lembar kerja. 2) Mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MIPA 5 di SMA Negeri 3 Jember tahun pelajran 2018/2019 menggunakan lembar kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 5 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian, pemahaman konsep siswa kelas XI MIPA 5 menunjukkan hasil yang positif dengan rata-rata nilai dengan kategori cukup serta mencapai nilai KKM yang telah ditentukan untuk mata pelajaran biologi. Begitu juga untuk kemampuan pemecahan masalah siswa kelas XI MIPA 5, menunjukkan hasil yang positif dengan rata-rata dengan kategori baik, serta mencapai nilai KKM yang telah ditentukan untuk mata pelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:07
Last Modified: 13 Oct 2022 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13632

Actions (login required)

View Item View Item