Peran Guru Kelas dalam Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Hiperaktif di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Cahya, Dinda Dwi (2019) Peran Guru Kelas dalam Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Hiperaktif di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Dinda Dwi Cahya_T20154001.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Anak hiperaktif adalah anak yang mengalami kesulitan dalam mempertahankan perhatian karena kemampuan terbatas untuk bisa berkonsentrasi. Kesulitan dalam mempertahankan perhatian yang disebabkan susahnya untuk berkonsentrasi dalam menjalani rutinitas sehari-hari sangat sulit sekali bagi kehidupan seseorang. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran guru kelas sebagai model dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak hiperaktif di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana peran guru kelas sebagai peramal dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak hiperaktif di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 3) Bagaimana peran guru kelas sebagai pemimpin dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak hiperaktif di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? 4) Bagaimana peran guru kelas sebagai fasilitator belajar dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak hiperaktif di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peran guru kelas sebagai model dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak hiperaktif di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan peran guru kelas sebagai peramal dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak hiperaktif di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Mendeskripsikan peran guru kelas sebagai pemimpin dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak hiperaktif di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 4) Mendeskripsikan peran guru kelas sebagai fasilitator belajar dalam upaya meningkatkan konsentrasi belajar anak hiperaktif di MIN 1 Jember Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian inin adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran guru kelas sudah bisa menjadi role model yang baik, mulai dari nasehatnya, perintahnya, dan ucapannya. 2) Guru kelas meminta peserta didik mengerjakan tugas dengan tujuan untuk mengasah kemampuan peserta didik. Bagi anak hiperaktif, guru memberikan perlakuan khusus dan memberikan tugas yang berbeda dengan anak lainnya. 3) Cara guru memimpin di kelas terutama bagi anak-anak yang hiperaktif harus lebih didekatkan lagi, semisal persoalan mengatur ruangan, untuk anak hiperkatif tempat duduknya harus dekat dengan guru agar lebih mudah memantaunya. 4) Cara menciptakan suasana belajar yang menyenangkan guru memberikan nyanyian, video, melakukan permainan, serta memfasilitasi peserta didik dengan mengajak belajar di luar kelas untuk mengamati lingkungan sekitar yag bersifat nyata yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:07
Last Modified: 13 Oct 2022 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13633

Actions (login required)

View Item View Item