Dampak Polemik Perbedaan Faham (Syi’ah Dan Sunni) Terhadap Pendidikan Islam Di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Ulum, Siti Miftahul (2019) Dampak Polemik Perbedaan Faham (Syi’ah Dan Sunni) Terhadap Pendidikan Islam Di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Siti Miftahul Ulum_084 101 147.pdf - Submitted Version

Download (1MB)

Abstract

Sejarah islam mencatat bahwa hingga saat ini terdapat dua macam aliran besar dalam Islam. Keduanya adalah Syi’ah dan Sunni. Tak dapat dipungkiri pula, bahwa dua aliran tersebut kerap kali terlibat konflik kekerasan satu sama lain. Banyak konflik yang terjadi di kawasan-kawasan semakin luas mulai dari sampang Madura, hingga kawasan Puger. Hal ini dinilai dari fakta dan realita yang ada, terutama yang diketahui dari berbagai media massa, bahwa masalah Syi’ah dan Sunni ini tidak menemukan titik temu untuk menyatakan damai. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana dampak polemik perbedaan faham (Syi’ah dan Sunni) terhadap pendidikan Islam di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember?. Sedangkan sub fokus penelitiannya adalah: a) Bagaimana dampak polemik perbedaan faham (Syi’ah dan Sunni) terhadap pendidikan Islam formal di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember? b) Bagaimana dampak polemik perbedaan faham (Syi’ah dan Sunni) terhadap pendidikan Islam non formal di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember? c) Bagaimana dampak polemik perbedaan faham (Syi’ah dan Sunni) terhadap pendidikan Islam informal di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember? Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana dampak polemik perbedaan faham (Syi’ah dan Sunni) terhadap pendidikan Islam di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember, sedangkan tujuan khususnya adalah untuk mengetahui bagaimana dampak polemik perbedaan faham (Syi’ah dan Sunni) terhadap pendidikan islam formal, non formal, informal di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif menganalisis dampak polemik perbedaan faham (Syi’ah dan Sunni) terhadap pendidikan islam di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember. adapun teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi partisipatif dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data reflektif thinking yaitu dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan a) dampak polemik perbedan faham (Syi’ah dan Sunni) terhadap pendidikan islam formal di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember adalah rusaknya beberapa fasilitas sekolah yaitu berupa kursi rusak, kaca pecah. b) dampak polemik perbedan faham (Syi’ah dan Sunni) terhadap pendidikan islam non formal di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember adalah berkurangnya minat belajar siswa di TPQ maupun santri di Pondok pesantren. c) dampak polemik perbedan faham (Syi’ah dan Sunni) terhadap pendidikan islam informal di Desa Puger Kulon Kecamatan Puger Kabupaten Jember adalah kerugian materi hingga puluhan juta dan mengakibatkan korban meninggal dunia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:07
Last Modified: 13 Oct 2022 03:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13634

Actions (login required)

View Item View Item