Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Hasil Belajar Siswa Terhadap Resiliensi Siswa di SMKN 5 Jember.

Habibah, Nur Faiz (2017) Pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Hasil Belajar Siswa Terhadap Resiliensi Siswa di SMKN 5 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Nur Faiz Habibah_084 931 500 7.pdf - Submitted Version

Download (6MB)

Abstract

Disekolah, figur pendidik merupakan pribadi kunci. Guru mempunyai hak otoritas untuk membimbing dan mengarahkan siswa agar menjadi manusia yang berilmu pengetahuan di masa depan. Tujuan yang diinginkan mengalami beberapa proses, hasil dari pekerjaan siswa juga mempunyai dampak yang berbeda-beda bagi setiap individu. Dampak yang positif maupun dampak yang negatif bagi perkembangan belajar siswa. Permasalahan yang terjadi didalam dunia pendidikan khususnya mengenai problematika yang terjadi pada individu siswa yang mempengaruhi proses belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, yaitu apakah terdapat pengaruh Kreativitas Guru PAI ( ), dan Hasil Belajar Siswa ( ), terhadap Resiliensi Siswa (Y). Pengambilan sampel pada penelitian ini penggunakan teknik stratified random samling sejumlah 294 siswa dari populasi 1900 siswa di SMKN 5 Jember. Analisis yang dilakukan menggunakan analisis Regresi. Uji hipotesis yang dilakukan dengan bantuan softwere Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 23. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dan hasil belajar siswa terhadap resiliensi siswa. Dengan demikian Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Hasil Belajar Siswa mempunyai andil yang cukup besar terhadap Resiliensi Siswa, sehingga kreativitas guru menjadi suatu kebutuhan serta nilai yang diperoleh bagus, maka akan membentuk proses resiliensi siswa baik di dalam maupun diluar lingkungan sekolah. Hasil analisis dengan menggunakan uji regresi diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam terhadap Resiliensi Siswa sebesar 0,180. Terdapat pengaruh yang signifikan antara Hasil Belajar Siswa terhadap Resiliensi Siswa sebesar 0,328. Terdapat pengaruh Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dan Hasil Belajar Siswa terhadap Resiliensi Siswa sebesar 0,202.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:08
Last Modified: 13 Oct 2022 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13636

Actions (login required)

View Item View Item