Pembelajaran Kitab Mara>qi Al `Ubu>diyyah dalam Meningkatkan Pemahaman Ibadah Santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember

Ulfiatus Safaah, Ulfiatus Safaah (2020) Pembelajaran Kitab Mara>qi Al `Ubu>diyyah dalam Meningkatkan Pemahaman Ibadah Santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.

[img] Text
Ulfiatus Safaah_T20151245.pdf - Submitted Version

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran kitab Mara>qi Al `Ubu>diyyah merupakan salah satu penyelenggaraan program kajian ilmu-ilmu agama Islam yang bersumber pada kitab-kitab berbahasa Arab. Kitab ini menerangkan tentang ibadah baik ibadah mahdhah maupun ibadah ghairu mahdhah, jadi dengan adanya pembelajaran kitab Mara>qi Al `Ubu>diyyah yang diselenggarakan setiap harinya, maka santri dapat meningkatkan nilai-nilai ibadahnya dengan baik dan sesuai syariat yang ditetapkan. Fokus penelitian yang diteliti di skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran kitab Mara>qi Al `Ubu>diyyah dalam meningkatkan pemahaman ibadah santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab Mara>qi Al `Ubu>diyyah dalam meningkatkan pemahaman ibadah santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Mara>qi Al `Ubu>diyyah dalam meningkatkan pemahaman ibadah santri di Pondok Pesantren Bustanul Ulum Desa Mlokorejo Kecamatan Puger Kabupaten Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi. Subyek penelitian ini menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partsipan, wawancara bebas terpimpin dan dokumenter. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi: kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan, penarikan/verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: (1) Tidak ada perencanaan dalam proses pembelajaran kitab Mara>qi Al `Ubu>diyyah ini yaitu ustazah tidak menggunakan RPP sebagai acuan dalam pelaksanaan pembelajaran, melainkan hanya menyiapkan bahan yang akan disampaikan kepada para santri mengenai materi yang akan dibahas. (2) Pelaksanaan pembelajaran kitab Mara>qi Al `Ubu>diyyah berlangsung setiap hari di pagi hari jam 07.00 sampai jam 09.00. Sedangkan metode yang digunakan yaitu menggunakan metode ceramah dan bandongan. (3) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran kitab Mara>qi Al `Ubu>diyyah menggunakan evaluasi tes lisan yang dilakukan dengan cara melihat murid dalam menyampaikan pendapatnya dan menjawab pertanyaan dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:09
Last Modified: 13 Oct 2022 03:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/13638

Actions (login required)

View Item View Item